Bolsel

Wabup Bolsel Ingatkan Waspada Bencana Alam Hydrimeteorologi

×

Wabup Bolsel Ingatkan Waspada Bencana Alam Hydrimeteorologi

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLSEL- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Apel kesiapsiagaan daerah mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrim yang digelar di Lapangan Futsal Alun-alun Molibagu, Rabu (21/04/2021).

Kegiatan Apel tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Hibah Kendaraan Dinas operasional dari Pemda Bolsel untuk Kepolisian Resort (Polres) Bolsel yang diterima langsung oleh Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Dadang Suhendra.

Wabup Deddy Abdul Hamid dalam sambutannya menyampaikan bahwa apel ini merupakan upaya pemkab dalam peningkatan kewaspadaan terdapat ancaman bencana alam Hydrimeteorologi di wilayah Sulawesi Utara.

Cuaca ekstrim ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu meningkatkan gelombang aktif yang mengakibatkan awan-awan hujan yang lebih signifikan. Meningkatnya kelembaban udara membuat suhu permukaan laut lebih hangat sehingga mendukung suplai massa udara basah.

“Menghadapi bencana tersebut di perlukan kesiapan mental dan fisik serta tetal menjaga kesehatan. Personil dan kelengkapan alat SAR, Pemetaan Wilayah Rawan Bencana, Kesiapsiagaan dalam bertugas di lapangan,” ungkapnya.

Wabup juga mengatakan sosialisasi tentang potensi dan penanganan bencana sampai di tingkatan bawah harus di lakukan secara intens agar masyarakat tetap waspada.

“Pentingnya berkerjasama dalam mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrim di Bolsel. Wabup juga mengingatkan agar tetap mengikuti dan  menjaga protokol kesehatan Covid-19,” tutupnya

Turut hadir Unsur Forkopimda, pimpinan OPD Pemkab Bolsel, Pejabat tinggi TNI, Polri dan Instansi lainnya.


Ayub Posi