Bolsel

Menteri AHY Tinjau Relokasi Lahan Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

×

Menteri AHY Tinjau Relokasi Lahan Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

Sebarkan artikel ini
Menteri ATR BPN, Agus Harymurti Yudhoyono saat melihat langsung relokasi pengungsi Gunung Ruang di Bolsel. Foto Ayub

 

SATUBMR,BOLSEL– Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut) Minggu 5 Mei 2024.

Saat berada di lokasi AHY disambut oleh Bupati Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid.

Dalam sambutannnya Bupati Iskandar Kamaru menyebut bahwa bahwa Bolsel siap menerima relokasi warga Sitaro akibat erupsi Gunung Ruang.

“Ini misi kemanusiaan, tentu kami dengan senang hati menerima, sebelumnya kami juga menerima instruksi oleh bapak Gubernur Olly Dondokambey,” ungkap Bupati.

Kondisi geografis lahan antara  pegunungan dan pesisir pantai menyerupai dengan daerah asal para korban sehingga cocok untuk ditempati.

“Apalagi kita ketahui bahwa sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani dan nelayan, serta sebagian besar  merupakan suku Nusa Utara, jadi secara umum ini bisa di bilang cocok untuk dijadikan tempat relokasi bagi saudara-saudara kita yang terdampak musibah gunung Ruang,” kata Iskandar.

Di tempat yang sama AHY menyampaikan akan segera menindaklanjuti dengan  melakukan koordinasi lintas kementerian lembaga dan melaporkan hal ini kepada presiden, dan berjanji dalam waktu dekat bisa segera digunakan untuk relokasi.

Terkait hibah lahan milik masyarakat
pihaknya akan segera melakukan ganti rugi sesuai mekanisme.

“Tentunya hasil tinjauan ini akan kami tindaklanjuti secepatnya hingga ada penerbitan sertifikat,” ungkapnya.

“Semoga relokasi ini dapat membantu pemulihan dan membangun kembali kehidupan baru bagi warga terdampak erupsi gunung ruang,” pungkasnya