Di Hari Valentine, Pemkab Bolmong Tanam Ribuan Pohon Bugenvil

SATUBMR,BOLMONG- Bupati Bolaang Mongondow, Dra Yasti Supredjo Mokoagow, pimpin penanaman bunga bugenvil di sepanjang jalur 2 Ibukota Lolak.

Penamaan pohon tersebut bertujuan untuk memperindah median jalan jalur 2 di Ibu Kota Kabupaten Bolaang Mongondow. Seluruh SKPD ditugaskan untuk menanam bunga tersebut dan sudah dibagi jarak yang harus ditanam setiap instansi pemerintah tersebut.

Bupati Dra Yasti menjelaskan, sebelumnya sudah disampaikan setiap SKPD punya tanggung jawab per- Blok dan bunga-bunga ini harus berwarna-warni dan ada ukuran tanam supaya ketika sudah tumbuh akan kelihatan bagus.

Baca Juga:   Didukung Rakyat, Nasir Mantapkan Menuju DPRD Bolmong 2019

“Kalau bunga yang berwarna putih jangan dicampur dengan warna lain, setiap 15 meter supaya seragam,” ungkap Bupati.

Lanjut Yasti, tak hanya bunga bugenvil, rumput gajah juga akan ditanam dibawah bugenvil karena mendian jalan yang cukup besar, ini juga akan memperindah.

Namun intinya tanaman Abebuyah-lah yang akan menjadi tanaman utama dan tanaman itu sudah ada di rumah dinas, namun belum bisa langsung ditanam karena masih dalam tahap adaptasi dengan udara yang ada di daerah.

Baca Juga:   Didampingi Sejak Awal, Babinsa Tungoi 2 Bersama Petani Panen Padi Dengan Hasil Memuaskan

“Nantinya kita akan tanam 15 meter jarak 1 pohon ke pohon yang lain namun untuk sementara kita tanam 30 meter karena agak kesulitan menggali lubang karena pada dasarnya sudah tertutup aspal. Harus digali hingga ke tanah asli agar akar pohon bisa termakan dengan tanah utuh,” tukasnya.

Namun, saat penanaman bunga bugenvil, ada beberapa SKPD yang menanam pohon yang belum tumbuh akarnya, Bupati meminta agar yang belum ada akar supaya diganti dengan pohon bugenvil yang sudah tumbuh agar tidak mati.

“Program pemeliharaannya ada, tapi nanti kita bahas lagi, sementara ini masih fokus dipenanaman,” ungkap Yasti.

Jhay Yambat

Close