Manfaat Air Kelapa Muda Saat Berbuka Puasa

Buah kelapa muda. Ilust

Kotamobagu – Warga khususnya umat muslim,  memburu minuman air kelapa muda untuk berbuka puasa. Para pedagang es kelapa muda pun laris manis.

Andi Ali (30) pedagang es kelapa muda di Lapangan Poyowa Kecil, Kotamobagu Selatan, Kotamobagu Sulut, mengaku dagangannya laris manis saat jelang berbuka.

Pedagang es kelapa muda Andi Ali. Dagangannya laris manis. (satubmr.com)

Andi mengaku, tiap hari sekitar 100 pesanan yang laku terjual. Es kelapa muda miliknya ikut diberi gula merah sebagai penambah rasa es kelapa muda. Satu gelas, dijual Rp5 ribu.

“Saya jualan dari jam 15.00 sampai jelang buka. Alhamdulillah laris manis, “ujar warga Poyowa Kecil ini, Jumat (25/05/2018). Andi jualan es didampingi anak dan isterinya.

Baca Juga:   Sembilan Nyawa Melayang, Tambang Bakan Tetap Jadi Magnet

Air kelapa muda ini bukan hanya pelepas dahaga selama yang populer, melainkan juga mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari situs mindbodygreen.com, air kelapa mengandung lebih banyak air, yakni sekitar 95 persen sehingga menjadikannya sebagai minuman hidrasi yang hebat.

Karena itu, air kelapa dinilai dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga badan tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.

Minuman ini juga mengandung kalium yakni mineral vital yang diperlukan tubuh. Ini diperlukan agar otak dan saraf berfungsi dengan baik.

Baca Juga:   Politik Uang Bisa Dengan Modus Sedekah, Panwas Perketat Pengawasan

 

Dari penelitian, air kelapa dapat membantu menyediakan beberapa kalium yang sangat dibutuhkan. Satu porsi air kelapa mencakup sekitar 13% kebutuhan kalium harian.

 

Air kelapa mengandung banyak antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

Radikal bebas diproduksi oleh metabolisme tubuh sehingga tidak ada cara lain untuk menetralisir kerusakan, kecuali memastikan cukup mengkonsumsi antioksidan dalam makanan. Dan, air kelapa bisa membantu mengantisipasi kerusakan tubuh karena radikal bebas.

 

Redaksi satubmr.com

Close