Bolmong

Sungai Ongkag Dumoga Meluap, Sejumlah Desa Terendam Banjir

×

Sungai Ongkag Dumoga Meluap, Sejumlah Desa Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLMONG-Hujan dengan Intensitas Sedang hingga tinggi yang terjadi di Wilayah Bolaang Mongondow sejak dini hari hingga sore ini menyebabkan sejumlah Desa di Wilayah Dumoga Bersatu terendam.

Berdasarkan Hasil pantauan dilapangan Personil TRC BPBD Bolmong yang dipimpin Kabid Penanganan Darurat Rafik Andhika Alamri, luapan Sungai Ongkag Dumoga menjadi pemicu utama sehingga puluhan rumah warga tergenang dengan ketinggian bervariasi antara 30 – 100 cm.

“Sebelumnya BMKG Sudah memberikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Bolaang Mongondow,” kata Rafik.

Intensitas curah hujan yang tinggi juga menyebabkan 2 Bendung di Wilayah Dumoga Barat yaitu Bendung Toraut dan Kosinggolan meluap dan menggenangi pemukiman warga di Desa Toraut, Desa Doloduo II, Desa Doloduo III dan sekitarnya.

“Hasil Assessment sementara Personil TRC di lapangan, Jalan Penghubung Desa Doloduo II dan Desa Toraut Amblas akibat tergerus luapan sungai namun Kondisi tersebut masih bisa dilewati,” ungkapnya.

Selain itu, Terdapat Puluhan Rumah warga terendam dengan ketinggian bervariasi dan Wilayah yang terdampak luapan sungai yakni Desa Doloduo II, Desa Doloduo III, Desa Toraut, Desa Wangga Baru, Desa Kosio, Desa Dondomon Selatan dan Desa Dondomon.

Lanjut Rafhik, Kondisi terkini hujan sudah reda dan air mulai surut. Pendataan dampak cakupan wilayah masih terus dilakukan oleh Personil TRC. Masyarakat Desa Doloduo III saat ini mendirikan pos Siaga antisipasi kemungkinan sungai kembali meluap.

Saat ini tim masih berada dlapangan untuk terus melakukan pemantauan.

Jhayyambat/tim