Bolmut

Pasca Banjir, Dinas PUPR Bolmut Terus Bergerak

×

Pasca Banjir, Dinas PUPR Bolmut Terus Bergerak

Sebarkan artikel ini
Alat berat dikerahkan PUPR untuk membuka akses longsor.

SATUBMR,BOLMUT –Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus bergerak melakukan upaya perbaikan pasca banjir bandang yang terjadi di daerah ini, Rabu (4/3/2020) lalu.

Kepala Dinas (Kadis) PUPR, Rudini Masuara ST, MT mengatakan, sejak terjadinya banjir bandang dan tanah longsor di Bolmut, pihaknya terus melakukan kerja ekstra untuk membuka akses jalan yang terputus akibat longsor. Bahkan, alat berat dikerahkan untuk menangani longsor tersebut.

Alat berat untuk memindahkan material lumpur di pemukiman penduduk

Tak hanya itu, beberapa unit kendaraan ikut dikerahkan untuk suplai air bersih bagi warga, apalagi banyak sarana air bersih dan juga sumur milik warga tidak bisa digunakan akibat lumpur saat banjir melanda.

Suplai air bersih untuk warga

“Saat ini sedang mobilisasi alat berat untuk masuk ke ruas jalan Kopi Gambuta,” tukas Rudini, Rabu (11/3/2020) saat dihubungi satubmr.com.

Sementara itu, menurut warga yang berada di daerah rawan bencana mengatakan, sudah saatnya Bolmut memiliki alat berat sendiri. Apalagi, Bolmut sudah jadi langganan bencana longsor dan banjir jika hujan. Kata warga, longsor sudah sering terjadi.

Diketahui, akibat bencana banjir dan longsor ini, berdasarkan catatan, kerugian mencapai 104 Miliar rupiah dan saat ini masih dalam proses pendataan. Bencana banjir kali ini termasuk bencana terparah sejak 10 tahun terakhir.

Basyir Ilyas