Bolmut

Musrenbang RKPD Tahun 2025 dan RPJPD Kabupaten Bolmut Fokus Pada Pemulihan Ekonomi

×

Musrenbang RKPD Tahun 2025 dan RPJPD Kabupaten Bolmut Fokus Pada Pemulihan Ekonomi

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMUT- Penjabat Bupati (Pj) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2025-2045 bertempat di Aula Bapelitbangda. Senin (25/03/2024).

Dalam sambutannya Pj Bupati menyampaikan pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten merupakan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD.

“Perencanaan pembangunan daerah tahun 2025 memfokuskan pada upaya pemulihan ekonomi yaitu transformasi ekonomi lokal melalui peningkatan kemandirian pangan dan pertumbuhan ekonomi berbasis sektor pertanian, perikanan dan pariwisata,” ujar Pj Sirajudin.

Sementara untuk visi RPJPD kabupaten tahun 2025-2045 yakni “Bolmut BERSINERGI, Berkelanjutan, Sejahtera, Inovatif, Ekonomi Maju, Religius dan menjadi wilayah terdepan berbasis hilirisasi pertanian”. Rangkaian proses dan tahapan penyusunan RPJPD dilaksanakan secara substantif sebagaimana peraturan perundang-undangan yang mengatur guna menjaga keselarasan antara RPJPD dengan RPJPN, RPJMD Provinsi, RTRW dan dokumen perencanaan lainnya yang relevan.

“Hasil dari musrenbang ini akan menjadi dasar yang kuat untuk perencanaan pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat,” punkasnya.

Ilyas