Gunakan HP Saat Berkendara, Target Operasi Kepolisian

SATUBMR,MANADO – Anda yang biasa menggunakan kendaraan, harus siap jika melanggar aturan. Polda Sulawesi Utara (Sulut) sedang melaksanakan Operasi Mandiri Kewilayahan Patuh Samrat 2019 selama 14 hari ke depan, sejak 29 Agustus hingga 11 September mendatang.

Persiapan operasi kepolisian di bidang ketertiban lalulintas ini, diawali dengan Apel Gelar Pasukan dipimpin Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Alex Mandalika, Kamis (29/08) pagi, di lapangan upacara Mapolda.

Apel tersebut ditandai dengan penyematan pita biru-puith secara simbolis oleh Wakapolda kepada tiga perwakilan personel, masing-masing dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan.

Baca Juga:   Kasus Proyek Tol Manado-Bitung, Tiga Orang Ditetapkan Tersangka

Kapolda Sulut, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto dalam sambutan tertulis dibacakan Wakapolda, mengatakan, keselamatan merupakan sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalulintas.

“Dalam konteks ini, lalulintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” ujar Wakapolda. Untuk itu, lanjutnya, Polri telah menetapkan kalender Operasi Patuh yang dilaksanakan tiap tahun secara serentak di seluruh Indonesia.

Wakapolda menjelaskan, ada delapan sasaran prioritas Operasi Patuh tahun 2019, yaitu:
1. Pengemudi menggunakan handphone;
2. Pengemudi melawan arus;
3. Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu;
4. Pengemudi dibawah umur;
5. Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI;
6. Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk;
7. Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan;
8. Kendaraan bermotor yang menggunakan lampu strobo/rotator dan sirine yang bukan peruntukannya.

Baca Juga:   Pelarian Stevi Pelaku Penikaman, Berakhir di Sentani

Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalulintas tersebut, diharapkan Operasi Patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas.

“Serta terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas yang mantap,” pungkas Wakapolda membacakan sambutan.

Turut hadir pada apel, di antaranya para Pejabat Utama Polda Sulut, Pejabat POM TNI dan Jasa Raharja. (*)

Close