Bolsel

Tak Hadir di HUT Bolsel, Kapolres Yuli Kurnianto Dapat Kritikan Keras dari Empat Tokoh Adat

×

Tak Hadir di HUT Bolsel, Kapolres Yuli Kurnianto Dapat Kritikan Keras dari Empat Tokoh Adat

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLSEL- Empat perwakilan masyarakat adat yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yakni perwakilan Suku Gorontalo, Suku Bolango, Suku Mongondow dan Suku Sangihe, mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolsel, Senin (26/7/2021)

Kedatangan mereka untuk menyampaikan dukungan atas apa yang disampaikan Hi Herson Mayulu SIP saat Rapat Paripurna HUT Bolsel ke 13, Kamis 22 Juli 2021 belum lama ini atas ketidakhadiran Kapolres Bolsel, AKBP Yuli Kurnianto SIK pada agenda tersebut.

Salah satu tokoh masyarakat adat, Zulkarnain M Ointu mengatakan, kedatangan mereka di gedung rakyat tersebut sebagai dukungan kepada Haji Herson Mayulu (H2M) atas apa yang ia sampaikan pada rapat paripurna.

“Yang kami tandatangani itu adalah bentuk dukungan untuk petinggi adat yang ada di Bolsel, Haji Herson Mayulu (H2M), tentang pernyataan beliau saat paripurna. Jadi kami dari empat etnis ini mendukung sepenuhnya yang disampaikan H2M,” ujarnya.

Zulkarnain menjelaskan, Kabupaten Bolsel merupakan daerah eks Swapraja yang sangat menjunjung tinggi nilai adat dan tradisi yang telah dijalankan oleh para leluhur sejak dahulu.

“Adat dan tradisi itu merupakan kearifan lokal yang meliputi upacara penjemputan tamu, upacara pernikahan, upacara kematian, upacara kelahiran upacara penobatan dan lain sebagainya yang senantiasa dilestarikan hingga saat ini,” katanya.

Sedangkan, memperingati hari ulang tahun daerah, lanjutnya, adalah kearifan lokal. Menghadiri upacara tradisi ini merupakan sebuah penghargaan dan penghormatan akan eksistensi adat dan tradisi lokal Bolsel.

“Sehingga dengan sengaja mengabaikan kegiatan yang telah menjadi tradisi lokal ini, merupakan bentuk pelecehan bagi adat istiadat masyarakat Bolsel. Sebab bapak Kapolres Bolsel kami terima di Bolsel dengan adat, berarti beliau adalah bagian dari masyarakat adat. Sementara beliau tidak hadir dalam paripurna HUT Bolsel itu,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bolsel, Arifin Olii, mengatakan kedatangan para masyarakat adat di gedung rakyat tersebut diterima secara kelembagaan. Selanjutnya, kata Arifin, apa yang menjadi aspirasi secepatnya akan ditindaklanjuti.


Ayub Posi