Babinsa Koramil 1303-14 Bolang Itang Bantu Petani Memupuk Jagung

SATUBMR, BOLANGITANG – Guna mendukung program Swasembada Pangan Pemerintah, Babinsa Koramil 1303-14/Bolangitang, Kopda Jamaluddin melaksanakan pemupukan jagung dilahan Kelompok tani “Maju Bersama” milik Bapak Jakaria Pontoh yang berada di Desa Saleo, Selasa (03/07/2018).

Pemupukan tanaman jagung ini berlangsung selama masa tanam. Babinsa pendamping, Kopda Jamaluddin sangat antusias memotivasi para petani untuk selalu memperhatikan kualitas dan kesehatan tanamannya.

Baca Juga:   Semangat Gotong Royong Kopda Sarip Laoh Bangun Rumah Warga

Saat berkecambah, jagung menggunakan nutrisi dari biji jagung. Setelah beberapa hari nutrisi dari biji akan habis dan akar mulai berfungsi mencari makanan. Disinilah terjadi proses adaptasi terhadap lingkungan yang biasanya diiringi dengan stres tanaman.

“Semakin lama stres pertumbuhan akan semakin terhambat. Untuk memperpendek fase stres ini, kebutuhan hara harus tercukupi,” ujarnya.

Baca Juga:   Ujung Tombak Teritorial, Babinsa Buntalo Turun ke Sawah

Kopda Jamaluddin menambahkan, dalam membina masyarakat, saya tak segan turut membantu dalam segala hal yang bersifat berguna, apalagi prajurit teritorial sekarang mendapat tugas tambahan.

“Menyukseskan swasembada pangan Nasional, maka secara langsung tanpa dimintai bantuan bila ada petani yang sedang mengerjakan hal-hal yang terkait pertanian akan turun membantu kesulitan apa yang dihadapi”, pungkasnya.

———————-
Jhay Yambat

Related Articles

Close