KPU Bolsel Sukses gelar Pleno Rekapitulasi

SATUBMR,BOLSEL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sukses gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten. 

Pleno yang berlangsung pada Senin (14/12/2020) mulai pukul 10.00 Wita, hingga Selasa (15/12/2020) pukul 00.21 Wita ini, berjalan aman dan kondusif.

Ketua KPU Bolsel, Stanly Eskolano Kakunsi mengatakan, jika pada rapat pleno tersebut diumumkan masing-masing perolehan suara, mulai dari setiap kecamatan yang ada.

“Jadi ada tujuh kecamatan yang masing-masing memberikan laporan tentang perolehan suara mulai dari Pilbup dan Pilgub,” ujarnya ketika ditemui awak media. 

Kata Eskol, jika pada pleno rekapitulasi hasil penghitungan tingkat Kabupaten juga ada beberapa hal kecil yang diperbaiki bersama-sama. Namun tetap diawasi oleh pihak Bawaslu Bolsel, agar penyelenggaraan pleno tetap sesuai aturan. 

Pihak KPU Bolsel juga mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait perolehan suara hasil perolehan suara Bupati dan Wakil Bupati Bolsel. 

“Kita sudah keluarkan SK-nya, sekarang tinggal menunggu apakah masih ada gugatan atau tidak,” aku dia. 

Pada SK tersebut diketahui pasangan nomor urut satu, Haji Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid memperoleh suara tertinggi dengan 33.120 suara. 

Sedangkan pasangan nomor urut dua yakni Riston Mokoagow dan Selviah Van Gobel meraih 10.954 suara. 

Sementara itu, Komisioner KPU Bolsel Divisi Teknis Fijey Bumulo mengatakan bila sudah tak ada lagi gugatan terkait SK perhitungan suara. Maka pihaknya akan langsung mengumumkan siapa pemenang dari Pilkada Bolsel. 

“Rencananya Kita akan umumkan dalam lima hari kedepan, bila tak ada lagi gugatan. Jadi kami masih menunggu hingga saat ini,” tegasnya. 

Ia juga berterima kasih kepada aparat keamanan baik TNI, Polri, hingga Bawaslu Bolsel, yang sudah sama-sama bekerja hingga penyelenggaraan Pilkada berjalan aman. 

“Ini kesuksesan kita semua, dan kami sangat berterima kasih,” tandasnya.

Ayub posi

Related Articles

Close