DPRD Gelar Paripurna LKPJ Bupati Bolsel Tahun Anggaran 2019

SATUBMR.COM, BOLSEL — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Rapat Paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Bolsel akhir Tahun Anggaran 2019, Senin (27/04/2020).

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolsel Ir. Arifin Olii, yang didampingi Sekretaris Dewan dan dilaksanakan secara Virtual.
Pimpinan Fraksi dan Anggota DPRD lainya mengikuti Rapat Paripurna ini dari Rumah masing-masing sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang penetapan status tanggap darurat bencana penanganan Virus Covid-19.

Bupati dan jajaran Pemkab Bolsel saat Paripurna

Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, Spt, yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) mengatakan, untuk mewujudkan pelaksanaan otonomi daerah yang bersih dan bertanggung jawab serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik maka kepala daerah berkewajiban menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD.

Baca Juga:   BPD Kecamatan Helumo dan Tomini Dilantik, Ini Pesan Bupati Iskandar Kamaru

“Berdasarkan amanat pasal 69 ayat 1 undang-undang republik Indonesia nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dan pasal 19 ayat 1 peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah,” jelas Bupati.

Lanjutnya, pada Tahun 2019, berbagai program kerja dan inovasi telah dilaksanakan dan membawa manfaat positif bagi masyarakat Bolsel, begitu juga dengan berbagai penghargaan atas kepatuhan dalam implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi aparatur desa dari BPJS ketenagakerjaan tahun 2019.

“Indeks pembangunan manusia merupakan indeks yang menunjukan aspek-aspek peluang hidup panjang dan sehat, mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang memadai, serta hidup layak, indikator ini merupakan kemudahan dalam aspek sosial, budaya, dan ekonomi, pencapaian IPM Bolsel menyentuh angka 64,05 persen dan naik menjadi 64,49 persen pada tahun 2018 dan pada tahun 2019 mengalami peningkatan menjadi 65,28 persen,” ungkap Kamaru.

Baca Juga:   Bupati Bolsel Kunjungi Warga Tedampak Banjir Bandang di Desa Lion

Ketua DPRD Bolsel mengatakan bahwa keberhasilan yang telah dicapai harus terus ditingkatkan untuk mewujudkan berbagai harapan dan keinginan rakyat Bolsel.

“Untuk itu, ini menjadi tanggungjawab kita bersama, untuk senantiasa menjaga kemitraan yang harmonis dan kolaborasi serta kontribusi yang baik, sebagai perwujudan dan tanggung jawab dalam mengemban amanah rakyat tentunya demi kepentingan daerah yang kita cintai,” ungkap Arifin.

Arifin juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bolsel yang telah menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2019.

“Terima kasih kepada pak bupati, selanjutnya DPRD akan mengagendakan pembentukan pansus laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah tahun 2019,” tutup Arifin yang didampingi Sekwan Bolsel. (ADV)

Related Articles

Close