Pemda Bolmut Terus Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

SATUBMR.COM, BOLMUT- Hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menyebabkan empat Kecamatan dan ada sekitar 50 rumah warga terendam Banjir. Selain itu, terdapat beberapa lokasi tanah longsor seperti Desa Tanjung Buaya, Kecamatan Bolangitang Barat dan Desa Sompiro, Kecamatan Sangkub pada Rabu (4/3) lalu.

Bupati Drs H.Depri Pontoh, langsung meninjau titik-titik lokasi yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang ada di wilayah Kabupaten Bolmut. Pada kesempatan itu pula, Bupati langsung meberikan bantuan kepada warga yang terkena Banjir.

Dalam upaya penanggulangan bencana, Pemda Bolmut bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK, Palang Merah Indonesua (PMI), dan Dahrma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bolmut, mendirikan posko untuk menggalang bantuan yang bertempat di kantor bupati.

Drs. Hi. Depri Pontoh bersama Ketua TP PKK, Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo yang juga Ketua PMI Bolmut mengatakan, untuk sementara upaya Pemerintah difokuskan pada pemberian bantuan kebutuhan dasar warga seperti bahan makanan, perlengkapan bayi, air mineral, obat-obatan bersama tenaga kesehatan dan air bersih serta membuka akses jalan di wilayah terisolir. 

Baca Juga:   Depri Pontoh Ingatkan ini Kepada 228 CPNS Bolmut

“Pemda juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan pihak terkait untuk penaggulangan bencana, terutama tanah longsor yang menutupi akses jalan trans Sulawesi Desa Sampiro Kecamatan Sangkub yang belum bisa dilalui kendaraan baik dari arah Manado ke Gorontalo dan sebaliknya,” kata Depri

Dalam kunjungan tersebut, Bupati bersama rombongan menyempatkan diri melihat posko penanggulangan bencana, dapur umum serta tempat pengungsian korban banjir dibeberapa Desa yang ada di wilaya Kabupaten Bolmut.

“Saat ini Pemda juga melalui dinas-dinas terkait dibantu TNI/Polri, Pemerintah Kecamatan dan Desa, mendirikan posko bantuan dan dapur umum di wilayah terdampak bencana, dan mengarahkan alat berat yang terus bekerja memindahkan material tanah longsor yang menutupi jalan,” terang Bupati dua Periode ini.

Baca Juga:   Bupati Bolmut Pimpin Apel Perdana Pasca Idul Fitri 1440 H

Bupati Bolmut juga sudah menginstruksikan jajarannya untuk selalu sigap melakukan penanganan korban bencana.

Sebelumnya, Bupati Bolmut juga menyaksikan langsung evakuasi salah satu korban yang terseret arus banjir di wilayah perkebunan yang berada di perbatasan Kecamatan Sangkub dan Bintauna. 

Diketahui, ada dua warga yang menjadi korban terseret arus banjir. Korban yang ditemukan berhasil diidentifikasi sebagai warga Kelurahan Bintauna dan korban lainnya yang merupakan warga Desa Sangkub masih dalam proses pencarian tim yang dibantu Basarna Provinsi Gorontalo.

Turut serta Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP., bersama Wakil Ketua I TP PKK Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan, Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., bersama Ketua DWP Hj. Fitriana Nani Buhang, SE., Wakapolres Bolmut, Perwira Penghubung Kodim 1303, Direktur Bank SulutGo Cabang Boroko, Pimpinan Perangkat Daerah serta para Camat.

Basir

Related Articles

Close