Hari Ini Bolmut Ketambahan 2 Kasus Positif Covid-19, untuk Kontak Erat Akan Diswab

SATUBMR.COM, BOLMUT- Hari ini Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) per tanggal 25 September 2020 ketambahan 2 kasus positif Covid-19.

  • Kasus Positif Covid-19 ke-18 kabupaten Bolmut. Jenis Kelamin  Perempuan, Umur 24 Tahun, Alamat Kecamatan Bolangitang Barat.
  • Kasus Positif Covid-19 ke-19 kabupaten Bolmut. Jenis Kelamin  : Perempuan, Umur: 38 Tahun, Alamat: Kecamatan Kaidipang

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut, Jusnan C Mokoginta mengungkapkan kronologi ketiga kasus tersebut adalah hasil surveilans aktif Covid-19 yang dilaksanakan pada salah satu pasar tradisional di Kabupaten Bolmut, kedua kasus di atas telah diumumkan secara resmi melalui Siaran Pers Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Bahwa keduanya terkonfirmasi positif covid-19, dengan demikian menjadi kasus ke-18 dan ke-19 Kabupaten Bolmut dan menjadi kasus ke-4351 dan ke-4352 Provinsi Sulawesi Utara,” ungkap Jusnan.

Baca Juga:   Peserta Seleksi JPT Pratama 2019 Diminta Serius

Lanjut Mokoginta, kedua orang yang bersangkutan sedang menjalani isolasi mandiri dengan pemantauan ketat dari Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bolmut.

“Kami melakukan isolasi kepada ketiga pasien dengan pemantauan ketat tim Satgas Covid-19 Bolmut, melakukan Follow Up Swab pada yang bersangkutan, mengisolasi kontak erat resiko tinggi (KERT), melakukan pengambilan Swab pada kontak erat dan melakukan penyemprotan desinfektan di rumah yang bersangkutan,” jelasnya.

Diatambahkanya pula, untuk kasus positif ini akan dilakukan pemeriksaan Swab  pada kontak erat dalam keluarga. 

“Jadi untuk kontak erat, agar stand by dirumah nanti petugas Dinkes yang akan mengunjungi langsung untuk pengambilan Swab,” tambahnya.

Baca Juga:   16 Warga Bolmut dari Ternate Siap Dipulangkan, Tapi Wajib Isolasi

Jusnan juga mengimbau kepada masyarakat, walaupun saat ini kita masih hidup di era new normal akan tetapi keadaan sekarang belum normal atau tidak normal, sehingga tetap mematuhi protokol covid-19, yakni memakai masker, dimanapun anda berada, jaga jarak, jangan melalukan kontak fisik anggaplah semua orang termasuk diri kita sendiri adalah Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Untuk menekan jumlah kasus yang meningkat 2 minggu terakhir ini, dalam masa pandemi semua orang punya potensi yang sama untuk terjangkit, jadi rajinlah cuci tangan, jangan berkerumun, sehingga Bolmut bisa kembali berada pada Zona Hijau,” imbuhnya

Basir

Related Articles

Close