Lewati Lautan, Pemuda dan Mahasiswa Sangihe Salurkan Bantuan Bencana di Bolmong-Bolsel

SATUBMR,BOLMONG- Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Selatan yang terjadi beberapa waktu lalu terus mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Salah satunya yang bantuan dari pemuda yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemuda Sangihe (AMPS).

Dengan menaiki kapal penyeberangan, dan sebelumnya melakukan aksi pengumpulan dana bantuan bencana banjir dengan turun ke jalan selama berminggu-minggu di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Tepat Kamis, (03/9/2020), sedikitnya 12 orang perwakilan AMPS menyalurkan langsung bantuan ke dua lokasi bencana Bolmong dan Bolsel dengan menggunakan mobil bus dari kota Manado.

Ravel Pulumbara, koordinator aksi memanusiaan tersebut menyampaikan, jenis bantuan yang disalurkan ialah dalam bentuk barang dan uang tunai. Dan sesuai dengan hasil pembicaraan bahwa untuk lokasi pertama penyaluran bantuan akan dilaksanakan di Kabupaten Bolmong, Kecamatan Dumoga Barat, tepatnya di Desa Doloduo

“Ada sepuluh jenis bantuan dalam bentuk barang dan juga bantuan dalam bentuk uang senilai Rp5 Juta. Untuk bantuan dalam bentuk barang ada, popok bayi, minyak telon, minyak kayu putih, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, bubur SUN, biskuit, air mineral, mie instan,” kata Pulumbara.

Baca Juga:   Satu Korban Tertimbun di Manganitu Berhasil Dievakuasi

Sementara itu, Bakir Bonde, Sangadi Desa Doloduo, mengucapkan terima kasih kepada pemudan dan mahasiswa asal Sangihe, yang menurutnya meskipun melewati perjalanan yang cukup jauh tetapi masih tetap berupaya tiba di Bolmong.

“Sangat berterima kasih pada AMPS atas kepedulian bagi kami warga Desa Doloduo, yang saat ini sudah mau membantu meskipun harus lewat lautan dan menempuh jarak jauh,” ucap Sangadi.

Karena kondisi sudah cukup membaik dan posko-posko pemerintah sudah ditutup, rombongan disambut baik oleh posko yang didirikan oleh

Bantuan dari aliansi diserahkan oleh Jan Rafles Takasiaheng, selaku ketua tim relawan AMPS, dan diterima oleh Gaguk Prasetyo selaku salah satu pembina Peredam. Rombongan disambut oleh pemuda Molibagu yang tergabung dalam Persatuan Relawan Muda Molibagu (Peredam).

Baca Juga:   Uluran Tangan BMR TRAC untuk Bencana Bolmong-Bolsel

“Atas nama Persatuan Relawan Muda Molibagu, sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada rekan, saudara-saudara aliansi mahasiswa pemuda Sangihe yang sudah bersumbangsi dalam kepedulian bagi Kabupaten Bolsel, meski pada Januari lalu juga ditimpa bencana yang sama, dan kiranya untuk kedepannya bukan meminta bencana, sekiranya kita tetap besinergi dalam gerak yang sama,” ucap Gaguk Prasetyo

Jan Rafles Takasihaeng, selaku Ketua Tim Relawan Pemuda dan Mahasiswa Sangihe menguraikan bantuan yang diserahkan dalam bentuk barang ada sepuluh jenis, sama dengan yang di Desa Doloduo. Sedangkan untuk bantuan dalam bentuk uang sebesar Rp10 Juta.

“Seberapa yang bisa kami berikan untuk sedikit meringankan beban saudara-saudari yang ada di Bolmong dan Bolsel,” katanya.

Takasihaeng juga menghanturkan rasa terima kasih yang mendalam kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang begitu antusias memberikan bantuan selama AMPS menggalang aksi sosial untuk bencana Bolmong dan Bolsel di beberapa titik pasar di Sangihe.


Related Articles

Close