Bolmong

Yasti: Terima Kasih Kepada Pihak yang Membantu Korban Banjir

×

Yasti: Terima Kasih Kepada Pihak yang Membantu Korban Banjir

Sebarkan artikel ini

SATUBMR,BOLMONG- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow, Dra Yasti Supredjo Mokoagow, ucapkan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang sudah membantu korban banjir.

Beberapa hari setelah peristiwa banjir bandang di Desa Pangi dan Desa Domisil, Kecamatan Sang Tombolang, berbagai pihak datang membantu tenaga ataupun materil.

Bupati saat meninjau korban banjir Dominsil

Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo mengatakan, sebagai pemerintah, dirinya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur yang mendatangkan bantuan pribadi dan bantuan Pemprov.

Selain Itu, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kotamobagu yang sudah memberikan bantuan berupa seragam anak sekolah, beras, Supermi serta pemadam kebakaran dan Tagana yang ikut serta membersihkan lumpur di rumah warga ataupun yang ada di rumah ibadah.

Bupati saat melihat secara langsung Bencana Banjir di Dominsil dan Pangi

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada semua pihak termasuk Perusahaan, ormas, TNI, POLRI serta masyarakat yang sudah membantu dan juga Kepada Sahabat Jurnalis Bolmong yang turut andil dalam membantu masyarakat.

Menurut bupati, bencana ini cukup menguras tenaga dan perhatian karena ada ratusan rumah yang rusak baik sedang, berat dan ada juga yqng hilang dan tentu itu merupakan tanggung jawab Pemkab Bolmong.

“Rumah penduduk yang rusak merupakan tanggungan pemerintah karena kerugiannya lebih dari 3 miliar rupiah,” ujar Yasti.

Selain dua desa yang terkena banjir bandang, ada beberapa titik jalan yang rusak tertutup material longsor, namun, semua itu sudah teratasi dengan diturunkannya puluhan alat berat untuk membuka akses tersebut.

“Alhamdulillah jalan sudah bisa dilalui oleh semua kendaraan, namun ada beberapa titik hanya menggunakan satu jalur karena akan ada perbaikan secara paten yang akan diperbaiki oleh balai jalan,” ungkap Yasti.

Bantuan yang datang bagi warga Dominsil dan Pangi

Semua sedimen menggenangi jalur sungai. Saat ini sudah ada jalur lain sehingga air dari gunung tidak lagi melewati jalur yang ada, namun melewati pemukiman warga dan itu belum ditangani balai sungai.

Yang harus diperbaiki atau dinormalisasi yakni Sungai Domisil dengan jarak 500 meter ke arah hulu dan 700 meter ke arah pantai. Sementara itu, Sungai di Desa Pangi, 500 meter ke arah hulu dan 6 meter ke arah pantai.

Namun kata Yasti, pihaknya sudah menghubungi Kepala Balai Sungai Sulut untuk mengatasi persolan tersebut. “Sudah terhubung dan besok (07/03) balai sungai akan turun untuk melakukan normalisasi, agar jika ada banjir susulan, sudah tidak melewati rumah warga,” tutu bupati. (Adv)