Opini

Bahaya Mencium Wajah Bayi karena Dapat Menyebabkan Iritasi

×

Bahaya Mencium Wajah Bayi karena Dapat Menyebabkan Iritasi

Sebarkan artikel ini

 Penulis: Natasya S.Tulangow

Apakah diantara  bunda yang sering mencium bayi atau membiarkan bayi bunda dihujani ciuman orang lain? lain kali,cobalah bunda untuk lebih waspada.karena sangat berbahaya bagi si kecil dan dapat membuat wajah bayi IRITASI. 

Pasti bunda bertanya-tanya kenapa sih dengan mencium  area wajah bayi bisa menyebabkan iritasi? yuk bunda kita lanjut ke penjelasannya….

IRITASI adalah alergi  kulit yang dikarenakan kulit sensitif bersentuhan dengan bahan kimia sehingga menempel pada kulit tersebut.  kulit bayi masih sangat sensitif bahkan imunitasnya masih berkembang dan belum kuat untuk menahan virus yang masuk.kekebalan tubuh bayi masih rentan akan terserang virus karena bayi belum mampu menghasilkan kekebalan tubuh sendiri. bayi tersebut masih tergantung pada ASI bunda. 

Pasti bunda bingung apa sih penyebabnya?

Contohnya ketika bunda baru melahirkan pastinya ada saudara-saudara atau kerabat-kerabat bunda yang ingin menengok si kecil yang sudah lahir. biasanya kalau ibu-ibu sering mengenakan make-up atau riasan-riasan lengkap. Bayangkan saja lipstik ibu-ibu tersebut kemudian menempel pada wajah si kecil. slain itu ada juga penyebab lainnya yaitu  ketika bayi berumur 6 bulan -2 tahun bayi hanya mengonsumsi ASI atau susu formula.lewat ciuman bibir atau air liur orang dewasa akan menempel ke mulut si kecil tersebut. apa yang akan terjadi? 

Kulit bayi sangatlah sensitif juga kekebalan tubuh si kecil masih lemah dan pastilah reaksi bisa terjadi  karena ada benda asing yang terutama berbahan kimia menempel dibibir atau pipimya dan juga partikel makanan bisa membuat si kecil  belum siap menerima asupan makanan tersebut. sehingga Banyak virus yang sangat cepat menyebar lewat mulut.

apa lagi si kecil belum mampu melawan virus tersebut dan pastinya si kecil bisa terkena virus HERPES SIMPLEX  yaitu penyakit kulit,yang dihubungkan dengan cacat air gejala luka pada bagian wajah.pastinya bunda tidak ingin kan, pipi si kecil yang lembut dan menggemaskan itu terlihat adanya kemerah-merahan?

bunda harus tau juga, seperti apa sih gejala-gejala iritasi pada kulit bayi?

Gatal. Kulit yang terkena ruam akan terasa gatal.

Kondisi kulit merah hingga menjadi kemerahan.

Kemudian kulit terasa tebal dan juga kasar.

Gejala yang lainnya ialah luka lepuh pada kulit,

dan yang terakhir adanya infeksi pada area yang terkena alergi.

mudah rewel karena tidak nyaman

Nah bunda tak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasinya hal tersebut.

iritasi kulit pada bayi bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Tentu, untuk tahu mana cara yang paling tepat, bunda harus paham dulu apa penyebab iritasi pada si kecil. Kemudian hindari penyebab atau pemicu yang menimbulkan reaksi kulit kemerahan tersebut  misalnya hindarilah untuk mencium bayi atau membiarkan bayi dicium oleh orang lain. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Jika ingin menyentuh bayi, pastikan sudah mencuci tangan hingga bersih dengan air sebelum memegang dan menggendong bayi. Selain itu, jangan lupa pula untuk periksakan kesehatannya secara rutin ke dokter anak.

Jadi ingat yah bunda- bunda yang ada dirumah, rasa sayang dan gemes itu tidak hanya disalurkan lewat mencium pada daerah wajah apalagi mulutnya. Tapi lindungilah si kecil dengan  balutan hangat dengan cara mencegah virus yang akan datang sehingga membuat rasa aman dan nyaman kepada sikecil.