Sosok

Jaga Kesuburan Padi, Serda Gatot dan Petani Bersihkan Rumput Liar

×

Jaga Kesuburan Padi, Serda Gatot dan Petani Bersihkan Rumput Liar

Sebarkan artikel ini

SATUBMR, INOBONTO – Tanaman padi membutuhkan perawatan intensif agar tumbuh subur, salah satunya bentuk perawatan tanaman padi yaitu dengan melakukan pembersihan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman.

Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi yang pada akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati.
Babinsa Koramil 1303-09/Bolaang Serda Gatot Arief mendampingi Bapak Juhura Potabuga melakukan pembersihan rumput di areal sawah miliknya yang seluas 0,5 Ha, Sabtu (14/07/2018).

Gulma atau rumput merupakan tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena dapat menurunkan potensi hasil produksi tanaman padi para petani.
Dalam kesempatan tersebut Serda Gatot Arief mengatakan,

“Pembersihan rumput disekitar tanaman padi pada lahan seluas 0,5 Ha ini bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi penyerapan unsur hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi penetrasi sinar matahari, Ucapnya.

“Tanaman padi harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang mencukupi agar tanaman padi tumbuh subur. Dengan pendampingan seperti ini diharapkan mampu menjadi motivasi dan semangat bagi para petani untuk terus bersemangat dalam merawat lahan pertaniannya,” Ujar Serda Gatot.

Kegiatan ini merupakan upaya khusus Babinsa pendampingan pertanian kepada para petani. Hal ini dilakukan untuk mendukung Program Swasembada Pangan agar dapat sukses dan bisa diwujudkan khususnya di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow.


 

Jhay Yambat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *