Wakil Bupati Bolmut Buka FGD Penyusunan Publikasi Bolmut Dalam Angka 2019

SATUBMR,BOLMUT – Wakil Bupati Bolmtu Drs. Hi. Amin Lasena, MAP membuka Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan Publikasi Kabupaten Bolmut Dalam Angka Tahun 2019 yang bertempat di Hotel Boroko.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bolmut menyampaikan bahwa Bolmut Dalam Angka merupakan publikasi tahunan Badan Pusat Statistik (BPS) yang komprehensif, dimana menyajikan berbagai jenis data dari berbagai bidang serta dilengkapi ulasan deskriptif dan penjelasan teknis dari bidang-bidang bersangkutan.

“Dengan adanya publikasi Bolmut Dalam Angka kita telah memiliki sumber data yang sama, sehingga diharapkan semua pihak dapat memanfaatkannya dalam penyusunan perencanaan yang baik, sistematis, menyeleuruh dan terpadu,” tukas Wabup.

Baca Juga:   Bupati Bolmut Lantik Camat Pinogaluman

Meskipun demikian ada permasalahan yang sering muncul, diantaranya perbedaan data antara Provinsi, Kabupaten/Kota, maupun antar Instansi yang diberikan BPS.

Karena itu, sangat diperlukan adanya kesadaran setiap Perangkat Daerah dalam hal pengumpulan dan pemanfaatan data sehingga data yang termuat pada Publikasi Daerah Dalam Angka menjadi bermanfaat terutama dalam penentuan kebijakan oleh pengambil keputusan.

Baca Juga:   Bupati dan Wabup Dampingi Peninjauan Sekolah LSS Tingkat Nasional 2019

Terkait hal tersebut, FGD ini sangat penting dalam membangun sinergitas antara BPS dengan Perangkat Daerah terkait. Selain itu, diharapkan adanya pembenahan baik teknis maupun non teknis, karena keakuratan data dalam publikasi akan membawa citra positif bagi BPS dan Pemerintah Daerah sehingga ke depannya pemanfaatan data statistik menjadi lebih meluas.

Turut hadir Kepala BPS Kabupaten Bolmut Janny Eduard Maliangkay, SE, Kepala Bapelitbang Bolmut Drs. Leksi Talibo serta Perangkat Daerah terkait.

Basir Ilyas

Close