Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Seluruh BPD

SATUBMR,BOLSEL- Demi meningkatkan   peran aktif  Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) seluruh Ketua dan Anggota BPD, Rabu (11/11/2020).

Kegiatan yang di gelar di Hotel Aston Kota Manado ini, di buka langsung oleh Asisten 1 Setda, Ramli Abdul Majid, SPd MPd. Dalam sambutannya Ramli Abdul Majid menyampaikan,  bahwa seluruh Ketua BPD dan anggotanya untuk selalu berperan aktif dalam pembangunan desanya.

“Bimtek ini sangat penting untuk Bapak Ibu Ketua dan Anggota BPD ikuti, karena Bimtek merupakan salah satu unsur pemerintahan desa. Kemudia BPD adalah lembaga yang memiliki posisi strategis dalam struktur organisasi pemerintahan. Intinya BPD juga harus menjalankan fungsi representatif, yaitu menampung dan menyalurkan aspirasi warga. Bahkan dalam menentukan kebijakan dan arah pembangunan desa BPD dan kepala desa harus sejalan dan saling komunikasi yang baik demi kepentingan masyarakat,” ucap Ramli.

Baca Juga:   187 CPNS Bolsel Ucapkan Sumpah Jabatan untuk Perubahan Status ke PNS

Tak hanya itu kata Ramli, jelang Pilkada ini, harapannya BPD dapat mengimbau kepada masyarakatnya agar bisa menjaga kekeluargaan dan kebersamaan. Beda pilihan itu merupakan dinamika. Tetapi yang utama adalah tetap menjaga tali silaturahmi dan tali kekeluargaan.

“Pilkada serentak tinggal menghitung hari, jadi saya harap BPD dapat mendewasakan masyarakatnya untuk dapat menjaga keamanan  dan menjaga kekeluargaan dalam menjemput pesta demokrasi,” pungkasnya.

Baca Juga:   Abdi Gobel Apresiasi Pelaksanaan HUT RI di Bolsel

Di tempat yang sama, Kepala Dinas PMD Ekafrie Van Gobel, S.Stp menyampaikan bahwa BPD merupakan bagian dari penyelenggara pemerintahan desa, maka antara pemerintah desa dam masyarakat harus bersinergi supaya tercipta  keharmonisan yang baik demi pembangunan desa.

“Dengan di selenggarakannya pembinaan BPD ini supaya mereka mengetahui tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga BPD memiliki kompetensi yang memadai untuk membantu dalam mengelola desanya,” imbuh Ekafrie.

Dinas PMD telah membagi BPD menjadi 3 gelombang sampai pada hari ke tiga. Dan gelombang pertama  kecamatan Posigadan dan Tomini, kedua Kecamatan Bolaang Uki dan Helumo dan gelombang ke 3 Kecamatan Pinolosian Bersatu.

“Semua BPD yang mengikuti Bimtek wajib melakukan Rapid Test dan  kami sudah mengatur jadwal BPD di tiap-tiap kecamatan,” tutupnya.

Ayub Posi

Related Articles

Close