Herwyn Malonda: Pilkada Sulut IKP Tertinggi

SULUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyampaikan bahwa ada sembilan provinsi yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang memiliki indeks kerawanan Pilkada (IKP) yang tinggi. Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi yang teratas dengan nilai IKP sebesar 87,43.

Hal tersebut dibenarkan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda Selasa 8 Desember 2020.

Sebagaimana data dari Bawaslu juga mencatat tingkat kerawanan politik uang paling tinggi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dengan angka 70.7 persen, diikuti Bolaang Mongondow Timur (Boltim) 69.4 persen. Sedangkan kota Manado, Tomohon, Bitung dan Minahasa Utara serta Minahasa Selatan (Minsel) sama beerada di 39.7 persen.

“Tidak ada daerah yang memiliki kerawanan rendah, baik di provinsi maupun kabupaten dan kota, terjadi peningkatan jumlah daerah dengan kerawanan tinggi pada semua isu,” kata Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda.

Kerawanan di Sulut lanjutnya juga turut dipengaruhi oleh isu pandemi Covid-19. “Peningkatan kerawanan terjadi karena minimnya kepedulian semua pihak terhadap pelaksanaan protokol kesehatan,” tandasnya.(*)

Related Articles

Close