Damogalad: Anggaran Pendidikan dan Kebudayaan Harus Prioritas

SATUBMR,BOLMONG- Pembahasan tingkat satu Ranperda APBD Kabupaten Bolaang Mongondow tahun 2021, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow sampaikan Beberapa poin baik Ekonomi, Sosial, pendidikan dan Kebudayaan.

Hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Bolmong Supandri Damogalad dalam Pemandangan umum Fraksi PKB belum lama ini. Menurutnya, Orientasi APBD tahun 2021 harus benar-benar memperhatikan pemulihan ekonomi daerah. Selain itu diharapkan juga harus memperhatikan beberapa hal dari perkembangan peningkatan SDM, sosial, dan kebudayaan.

Lanjut Damogalad, untuk peningkatan sumber daya manusia, harus ada pengalokasian anggaran untuk study akhir S1 dan S2, anak-anak daerah yang berprestasi atau kurang mampu.

Baca Juga:   80 KK di Desa Passi Terima BLT

“Harus ada anggaran sebagai pendukung bagi anak-anak daerah yang mau melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi. Itu salah satu yang harus sama-sama kita fikirkan ” ungkapnya.

Selai itu, menginisiasi anggaran penguatan kelembagaan adat, budaya, dan pagelaran seni dan budaya sebagai bentuk perhatian atau wujud tindaklanjut Pemerintah terhadap reaksi pembelokkan sejarah Mongondow di pentas seni Pingkan Matindas yang viral beberapa bulan terakhir ini juga merupakan hal tidak kalah pentingnya.

“Mensuport anggaran pada lembaga dan atau anak daerah BMR yang menulis karya ilmiah dalam rangka pelurusan sejarah Mongondow, ini juga perlu mendapat dukungan dari pemerintah,” pintanya.

Baca Juga:   Panah Wayer Tertancap di Leher dan Dada

Selain itu, Pemberian suport anggaran pada organisasi kepemudaan guna pelaksanaan program yang berbasis peningkatan kapasitas dan skill serta pemberdayaan ekonomi generasi dalam rangka menghadapi industrialisasi di Kabupaten Bolmong khususnya dan sulut umumnya agar kaum muda Bolaang Mongondow mempunyai daya saing baik ditingkat Regional maupun Nasional.

“Kembali lagi bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kita, karena tidak hanya memberi kita pengetahuan akan tetapi mengajarkan kita pada sopan santun dan hal- hal yang benar . Pendidikan memupuk kita menjadi individu dewasa , individu yang mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup,”tutupnya.

Related Articles

Close