PDI-P Raih Suara Terbanyak di Bolmong, Ketua DPRD Lesly atau Welty?

SATUBMR,BOLMONG– Partai berlambang kepala Banteng, PDI-Perjuangan kembali merajai perolehan suara di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Berdasar Pleno Rekapitulasi Suara tingkat Kabupaten yang digelar oleh KPU Bolaang Mongondow, PDI-P memperoleh 36.314 suara.

Jika merujuk dari perolehan suara Caleg PDI-P, Lesly Lanny Kaligis berpeluang menjadi Ketua DPRD Bolmong. Lesly memperoleh dukungan suara tertinggi di internal partainya yakni 2.872, unggul dari Welty Komaling dengan perolehan suara 2.787.

Ketua DPC PDI-P Bolmong, Yanni R Tuuk saat dikonfirmasi, justru memberi sinyal lain. Menurut Wakil Bupati Bolmong ini, Welty Komaling akan kembali menjadi Ketua DPRD. “Welty,” tukasnya singkat.

Baca Juga:   Hi Ramono Siap Berjuang Bersama Rakyat di Dapil 5 Bolmong

Perolehan Suara Partai dan Perolehan Kursi

Meski memperoleh suara mayoritas, namun kursi PDI-P turun. Jika di Pileg 2014 mendapat 8 kursi, saat ini tinggal 7 kursi.

Hal mengejutkan datang dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Jika sebelumnya hanya 1 kursi, saat ini Nasdem meraih 7 kursi dengan total suara di seluruh Dapil mencapai 33.218. Perolehan suara Nasdem ini menjadikannya jawara ke 2.

Baca Juga:   Jangkau Jenazah di Kedalaman, Alat Ini Diturunkan JRBM

Perolehan suara terbayak ke 3 diraih oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Partai yang dipimpin Yusra Alhabsyi SE ini memperoleh suara 19.544. Meski demikian, PKB hanya memperoleh 4 kursi karena di Dapil 5 Dumoga, PKB tidak memiliki Caleg.

Ditempat ke empat, Partai Golkar dengan suara 18.045 dengan suara merata di tiap dapil. Golkar meraih 5 kursi di DPRD Bolmong. Di posisi berikut, PKS 10.530 mendapat 3 kursi, PPP 5.417 mendapat 2 kursi. Sementara PAN yang dan demokrat hanya memperoleh masing-masing 1 kursi.

Editor: Supardi Bado

Close