Lasena: Pemenuhan Air Bersih Hal Mendasar

SATUBMR, BOLMUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Amin Lasena M.AP Membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa dan Kecamatan integrasi perencanaan Jangka Menengah Program Air Minum, Kesehatan dan Sanitasi dan Rencana Kerja Masyarakat Ke dalam Dokumen Perencanaan dan Penganggaran Desa yang bertempat di Hotel Try Putra.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap akses air minum yang bersih dan kesehatan lingkungan merupakan hal yang mendasar serta menjadi agenda pokok pembangunan Nasional dan komitmen bersama dalam Millenium Developmentdevelopment Golas (MDGS).

Baca Juga:   Wakil Bupati Bolmut Buka Sosialisasi Kegiatan SPI

“Sebagai dukungan terhadap kewenangan Desa sesuai dengan PP Nomor 43 Tahun 2014, Pemerintah Pusat melalui beberapa Kementerian terkait, bersama-sama membangun program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di wilayah Pedesaan dan pinggiran Kota yang juga didukung oleh Bank Dunia, ” tukas Lasena.

Lebih lanjut dijelaskan setiap Desa yang membutuhkan dukungan Program Pamsimas wajib menyusun Rencana Kerja Masyarakat (RKM) yang merupakan dokumen usulan bagi upaya mewujudkan Pamsimas. Selain itu, diharuskan menyusun dokumen Program Jangka Menengah Program Air Bersih dan Sanitasi (PJM PRO AKSI).

Baca Juga:   Bupati Bolmut Irup Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia

Terkait dengan komitmen Pemerintah Desa untuk memberikan kontribusi sebesar 10 persen dari dana APBDes dalam mewujudkn Pamsimas, Pemerintah Desa diharapkan dapat mengintegrasikan program Pamsimas yang tertuang di dalam RKM dan PJM PRO AKSI ke dalam perencanaan dan penganggaran Desa.

Turut hadir Koordinator Roms 14 Pamsimas Prov. Sulut, Plt. Kepala Dinas PUPR Bolmut, Unsur DPMPD , Konsultan/Pendamping Pamsimas Prov. Sulut, para Camat serta Sangadi.

Basir Ilyas

Close