Kepala Bappeda Bolmong Buka Musrenbang Dumoga Utara

SATUBMR,BOLMONG—Pemerintah Kecamtan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Selasa (4/2/2020). Kepala Badan Perencaaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yarlis Hatam membuka kegiatan tersebut.

Kepala Bappeda ini mengatakan, Musrenbang untuk membahas hingga menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan, tentang rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang menitikberatkan pada pembahasan untuk sinkronisasi rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (Renja-SKPD) antara pemerintah, pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah.

Baca Juga:   Potongan Kaki Berhasil Dievakuasi

 “Pemerintah Daerah wajib menyusun dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 sebagai landasan penyusunan RAPBD tahun 2021,” tukas Yarlis.

Selain itu kata Yarlis, penyusunan rancangan RKPD dilakukan melalui proses pembahasan yang terkoordinasi antara Bappeda dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melalui penyelenggaraan Musrenbang ini. “Nantinya kita akan evaluasi permasalahan terkait realisasi program-program tahun sebelumnya,” tambahnya.

Baca Juga:   Rusak Gubuk Milik Warga Bakan, PT JRBM Dituntut Ganti Rugi

Dalam pembahasan yang dilakukan bersama antar para pemangku kepentingan, disepakati langkah-langkah penanganan masalah yang tertuang dalam program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.

 “Hingga pada akhirnya menjadi dasar penyusunan program kegiatan prioritas yang akan disusun oleh SKPD pada KUA PPAS tahun 2021,” jelasnya. Diketahui, Musrenbang di Kecamatan Dumoga Utara dihadiri muspika, para sangadi dan perangkat desa, dan utusan SKPD.

Jhay Yambat

Close