Ini Resep Agar Aleg Incumbent Terpilih Lagi di 2019

SATUBMR, POLITIK – Pengamat Politik Sulawesi Utara, DR Ferry Liando memberikan analisa keterpilihan di Pileg 2019. Menurutnya, Caleg incumbent yang akan terpilih kembali adalah mereka yang selama ini produktif.

Jika incumbent produktif, biasanya mendapatkan dua keuntungan electoral, yakni mendapat pengakuan konstituen dan mendapat pemberitaan dari media.

Pemberitaan media akan membantu citra diri incumbent  dan secara otomatis akan berpengaruh pada elektabilitasnya. Namun tidak semua yang sering diberitakan media adalah anggota dewan yang produktif.

Baca Juga:   Rocky Wowor Berpeluang Ketua DPRD Sulut

“Sebagian besar anggota DPRD kebanyakan tidak dikenal publik karena tidak produktif. Sehingga jarang diberitakan,” ujar Mner Ferry.

Yang kurang produktif menurutnya berpotensi tidak terpilih kembali karena tak memiliki kontribusi ketika sedang memegang jabatan.

Baca Juga:   KPU Bolmong: Batas Akhir Pemasukan SK Pemberhentian Besok

“Biasanya,  incumbent yang tidak produktif akan menggunakan banyak cara agar terpilih kembali. Seperti menggunakan kekuatan uang untuk menyogok pemilih atau memanfaatkan kerabat yang memiliki kekuasan birokrasi di tingkat lokal sebagai alat pengumpul suara. Incumbet yang tidak produktif, posisinya  akan terancam oleh caleg pendatang baru,” kata Dosen di Universitas Sam Ratulangi ini.

Editor: Supardi

Close