Ini Bahaya Aplikasi ‘Wajah Tua’ FaceApp

SATUBMR,TERKINI – Aplikasi yang bisa membuat wajah tua, saat ini sedang viral di Indonesia, termasuk di Sulawesi Utara (Sulut). Jika kita buka media sosial, rata-rata postingan membicarakan soal aplikasi ini. “Baku iko jo” (ikut-ikutan saja) tulis pengguna facebook.

Namun, tahukah anda bahaya aplikasi ini? Dikutip di kompas.com, meski mengasikkan, pengguna harus lebih berhati-hati menggunakannya. Pasalnya, FaceApp bisa menyebarkan, menyimpan dan menjual foto pengguna untuk tujuan komersial meski foto sudah dihapus.

Baca Juga:   Ansor Sulut Sampaikan ini ke Presiden Jokowi

Hal itu tertuang dalam bagian persetujuan dan ketentuan pemakaian aplikasi FaceApp. Bagian tersebut biasanya jarang dibaca karen terburu-buru menekan tombol persetujuan.

Di bagian user content, FaceApp mengatakan, Anda memiliki semua hak konten. Selanjutnya FaceApp tidak mengklaim kepemilikan atas konten pengguna yang diposting melalui layanan.

Kalimat tersebut terdengar seolah-olah melindungi konten pengguna. Namun, ada kalimat ‘Kecuali untuk linsensi yang anda berikan di bawah ini’ yang tertulis pada awal ketentuan.

Baca Juga:   Bupati: Selamat Atas Kelulusan ASN Baru Boltim

Pada bagian selanjutnya, FaceApp menjelaskan lisensi dimaksud tak lain berupa lisensi penuh dan tidak dapat dibatalkan.

Artinya, dengan pemakaian FaceApp, anda akan menyerahkan sepenuhnya hak atas foto Anda yang dihasilkan dari aplikasi tersebut.

FaceApp berhak melakukan apapun dengan materi tersebut, termasuk menyebarkan dan menggunakan untuk keperluan komersil tanpa perlu meminta izin atau memberi kompensasi untuk anda.

Namun, jika anda merasa tidak keberatan dengan hal tersebut, sepenuhnya terserah anda.

Tim

Close