Gempa 5.2 SR Guncang Bolsel, Tidak Berpotensi Tsunami

SATUBMR,BOLSEL – Gempa bumi  magnitude 5.2, terjadi pada Senin 24 Juni 2019 pukul  16:17:07 WITA. Gempa tersebut berlokasi di 80 KM Tenggara Bolaanguki Bolsel.

Menurut BMKG Sulut, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa ini berada di kedalaman 57 KM.

Nurdin Patadjenu dari Bolsel mengatakan, gempa tersebut dirasakan oleh warga.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Ahmad Triyono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempang Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip fault)

Baca Juga:   AJI dan Google Latih Jurnalis di Manado

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Lolak, Bolaang Mongondow Selatan dalam skala intensitas II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Baca Juga:   Manfaat Air Kelapa Muda Saat Berbuka Puasa

“Hingga pukul 16.45 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tukas Triyono.

Tim

Close