Empat Caleg DPD RI Suara Tertinggi Dapil Sulut

SATUBMR,SULUT – 23 Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD), bersaing dalam Pemilihan Legilatif 2019 yang digelar 17 April 2019 lalu untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sulut. Dari 23 Caleg tersebut, empat orang memperoleh suara cukup signifikan.

Suara tertinggi pertama diraih mantan Jurnalis CNN Indonesia bernama Cherish Harriete dengan total suara 180.224. Bolaang Mongondow dan Kotamobagu merupakan basis suara dari Cherish.

Cheris merupakan anak dari mantan Anggota DPR-RI tiga periode, Dra Yasti Supredjo Mokoagow, yang kini Bupati Bolaang Mongondow. Cherish sejak awal diprediksi bakal melenggang mulus ke Senayan. Selain karena popularitas Sang Ibu, pergerakan gadis cantik millennial ini ke pelosok desa, efektif mendulang suara.

Posisi kedua ditempati Maya Rumantir. Mantan artis cantik tahun 80-an ini memperoleh suara 164,176. Suara Rumantir terbesar di Manado dan Minahasa Raya. Maya Rumantir di tahun 2014 lalu, terpilih sebagai Anggota DPD RI suara tertinggi se-Sulut. Dia kemudian memutuskan berhenti sebagai anggota DPR RI karena bertarung di Pilgub Sulut. Namun, Olly Dondokambey-Steven Kandow masih sulit dikalahkan waktu itu.

Baca Juga:   Media, Keragaman dan Tahun Politik 2019

Perangainya yang ramah, cantik serta suara merdu, membuat Maya Rumantir masi disukai rakyat dan dipastikan akan kembali ke Senayan.

Posisi ketiga diraih mantan politisi PPP, Hi Djafar Alkatiri, dengan perolehan suara 147,176. Djafar merupakan mantan Anggota DPRD Sulut dua periode. Dia meraup suara dari kalangan Muslim Sulawesi Utara. Perolehan suara Djafar hampir merata di seluruh daerah.

Baca Juga:   Waspada! Sulut Berpotensi Angin Kencang

Posisi keempat diraih Incumbent, IR Stevanus B Liow, dengan 125,099 suara. Steva sapaan akrabnya cukup popular di kalangan umat Kristiani (GMIM). Low profile dan cerdas serta dekat dengan rakyat membuatnya kembali terpilih untuk periode kedua.

Di Pileg 2014, Stevanus menempati posisi kelima, kalah selisih suara dengan Aleg DPD RI Benny Rhamdani. Dia kemudian dilantik sebagai Anggota DPD RI menggantikan Ariyanti Baramuli yang waktu itu mundur karena bertarung di Pilwako Bitung.

Sekarang, empat Caleg DPD RI ini dipastikan akan membawa aspirasi rakyat Sulut ke Pusat. Rakyat berharap, mereka tidak hanya “datang, duduk, diam”, tapi bisa memperjuangkan aspirasi rakyat sesuai visi dan misi saat mencalonkan diri.

Editor: Supardi Bado

Close