Bawaslu Boltim Temukan WNA Masuk Dalam DPT

SATUBMR, BOLTIM – Badan pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menemukan Warga Negara Asing masuk dalam Daftar Permilih Tetap (DPT). Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Susanto Mamonto.

Menurut Susanto, pihaknya lakukan pencermatan DPT dan menemukan satu Warga Negara Asing (WNA) sebagaimana hasil temuan dari Panwascam Nuangan, 

WNA tersebut atas nama Bawaan Bobby Nabalitan (42) warga negara Filipina. Dari data yang diperoleh, WNA tersebut telah tinggal di Desa Loyow Kecamatan Nuangan sejak tahun 2007 silam.

Baca Juga:   Curah Hujan Tinggi, Desa Molobog Terendam Banjir

“Dari data yang kami peroleh lewat keluarga, Bawaan Bobby Nabalitan yang juga dikenal dengan nama Robby Francisco telah tinggal sejak 2007 dan telah menikah serta memiliki dua orang anak,” tukas Susanto.

Anang Pampaile, mertua Robby Fransico sendiri menjelaskan, bahwa Robby yang sehari-hari bekerja sebagai pekerja tambang itu menikah dengan anaknya Winda Mamonto dan telah memiliki KTP serta KK yang terdaftar di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Baca Juga:   Maksimal Dalam Pengawasan, Kemas Sosialisasi Pengawasan Pilkada Berbasis Kearifan Lokal

“Sudah menikah dengan anak saya dan memiliki dua orang anak, umur 11 dan 4 tahun, namun sekarang sedang dalam proses cerai,” kata Anang. 

Robby sendiri telah lama masuk dalam daftar pencarian Imigrasi. Pihak Imigrasi pun telah menahan KTP miliknya. Dari hasil penelusuran Panwascam Nuangan, didapati fakta bahwa Robby telah mengikuti beberapa kali Pemilu baik Presiden,Legislatif maupun Pilkada serta Pemilihan Kepala Desa.

Reporter: Abdul Fiki Bulow

Related Articles

Close