KPU Bolsel Lantik 148 Petugas PPDP

SATUBMR,BOLSEL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolsel, akhirnya melantik 148 petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP), Rabu (15/7/2020) di Kantor KPU Bolsel, Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki.

Pelantikan tersebut dilakukan menggunakan aplikasi zoom, dan dihadiri seluruh komisioner KPU Bolsel.

Ketua KPU Bolsel Stanley Eskolano Kakunsi mengatakan jika 148 PPDP ini akan mulai turun pada tanggal 18 Juli 2020.

Ia menjelaskan, PPDP nanti akan bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian data (coklit) pemilih.

“Nantinya, PPDP akan mendata masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk memilih,” ujarnya.

Ketua mengaku sebelum melakukan tugasnya di lapangan, para petugas PPDP ini sudah terlebih dahulu menerima beberapa materi dari bimtek.

“Mereka sudah dapat materi dulu dan bimbingan teknis, agar ketika turun sudah tahu tugas-tugasnya,” tegasnya.

Baca Juga:   KPU Bolsel Buka Ruang Bagi Pemantau Lembaga Survei dan Penghitungan Cepat

Selain itu, guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona, petugas PPDP juga terlebih dahulu melakukan rapid test.

“Dari hasil rapid test semuanya non reaktif, jadi masyarakat tidak perlu khawatir ketika didatangi petugas PPDP,” aku dia.


“Bukan hanya itu, petugas PPDP juga akan dilengkapi dengan masker, sarung tangan, dan faceshied. Karena sesuai instruksi KPU RI, kami ingin menciptakan pilkada tanpa Virus Corona,” tegasnya.

Kakunsi juga berpesan agar masyarakat bisa membantu para petugas PPDP, dengan menyiapkan berkas seperti KTP dan Kartu Keluarga.

“Mohon agar langsung disiapkan, agar petugas PPDP bisa sedikit terbantu,” tegasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jay Bumulo mengatakan PPDP se-Sulawesi Utara siap melaksanakan Pemilihan Guburnur Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil bupati Bolaang Mongondow Selatan.

Baca Juga:   KPU Bolsel Akan Hadirkan Dua Artis di Konser Pemilu 2019


“Tugas dari pada PPDP adalah mengecek kembali daftar pemilih dengan turun langsung ke rumah-rumah warga (pemilih). Apel Akbar ini bertujuan untuk meninjau dan melihat langsung persiapan PPDP dan jajaran adhoc KPU Kabupaten se-sulut baik PPK tingkat kecamatan serta PPS tingkat desa,” jelasnya.


Tambahnya, tahapan coklit ini digelar serentak secara nasional pada Tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020 mendatang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Komisioner KPU RI Ilham Saputra, selaku koordinator Divisi SDM Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan juga seluruh Komisioner KPU provinsi yang dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Sulut Dr. Ardiles Mewoh.


Ayub posi

Related Articles

Close