Bawaslu Bolsel Gelar Rakor Bersama Jajaran Panwascam se-Bolsel

SATUBMR,BOLSEL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor_ Pengawasan Coklit bersama seluruh jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Bolsel dalam rangka pemilihan serentak tahun 2020 yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Bolaang Uki, Desa Molibagu. Jum’at, (07/07/2020).

Rakor kali ini bertujuan untuk mengevaluasi pengawasan Coklit serta memastikan jajaran Pengawas Kelurahan Desa (PKD) melakukan kerja pengawasan dan mengisi Alat Kerja Pengawasan (AKP) berdasarkan pengawasan langsung.

Kifli Yuddy Malonda, ST, salah satu pimpinan Bawaslu Bolsel saat memberikan materi, menjelaskan semua pimpinan Panwascam harus memastikan bahwa semua PKD yang ada di setiap kecamatan melakukan pengawasan pencoklitan.

Baca Juga:   Bawaslu Bolsel Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

“Jadi tugas dari PKD ini salah satunya melakukan pengawasan pencoklitan yang dilakukan oleh PPDP, dan wajib untuk mengisi AKP berdasarkan pengawasan langsung,” jelas Kifli.

Kifli juga menyampaikan, PKD harus benar-benar melakukan pengawasan dalam tahapan pencoklitan.

“Masa pencoklitan ini sampai dengan tanggal 13 Agustus 2020 sehingga kalau teman-teman PKD akan turun melakukan pengawasan pencoklitan harus didokumentasikan karena dokumentasi ini akan jadi arsip kita sebagai penyelenggara dalam hal pengawasan Pilkada serentak tahun 2020 nanti,” ujar Kifli.

Baca Juga:   Bawaslu Bolsel Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan bagi Sekretariat Panwaslu

Di tempat yang sama, Korsek Bawaslu Bolsel Artur Waroka, ST, saat diwawancarai menyampaikan, tugas daripada PKD terkait dengan pengawasan di tingkatan desa sangat berat dalam menghadapi Pilkada serentak pada tanggal 09 Desember 2020 nanti.

“Jadi PKD harus bekerja dengan bersungguh-sungguh dalam hal pengawasan di tingkatan desa dan pastinya kami Bawaslu siap untuk menghadapi Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tanggal 09 Desember 2020 nanti,” kata Artur.

Ayub Posi

Related Articles

Close