Wabup Bolmut Serahkan Secara Simbolis BSB untuk KPM-PKH Tahun 2020

SATUBMR,BOLMUT- Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Amin Lasena M.AP membuka secara resmi launching Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut juga Wabup menyerahkan secara simbolis BSB untuk KPM PKH, yang bertempat di Aula Kantor camat Kaidipang, Senin (12/10/2020).

Pemerintah daerah menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini, diharapkan bahwa keterlibatan mereka semua selaku pemerintah, terutama para Camat, Sangadi serta para pendamping PKH agar dapat melakukan pengawasan, monitoring, serta evaluasi pelaksanaan program ini, sehingga bantuan sosial beras ini benar-benar dapat bermanfaat bagi penerima.

Wabup Bolmut menyampaikan, menghadapi situasi saat ini, maka pemerintah melalui kementrian sosial melaksanakan berbagai program antara lain BSB sebagai jaringan pengaman sosial bagi kelompok masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdampak Covid 19. 

Baca Juga:   LSM dan Jurnalis Pertanyakan Kinerja Bawaslu Bolmut

“Pelaksaana Bansos beras selain dalam upaya mengatasi dampak pandemi Covid-19 secara langsung kepada masyarakat lapis bawah yaitu KPM-PKH juga mendukung Perum Bulog dalam melaksanakan tugasnya untuk menjaga stabilitas ketersediaan pangan nasional,” ujar Amin.

Lanjut Lasena, penyaluaran Bansos tersebut akan meningkatkan kemapuan Perun Bulog dalam menyerap beras dari petani, sehingga secara tidak langsung dapat menjaga dan meningkatkan kesejatraan petani terutama di masa Pandemi. 

“Bantuan sosial beras ini berjumblah 15 Kg per KPM dari bulan Agustus sampai denagn bukan Oktober, ini sesuai petunjuk teknis yang dikeluarakan oleh Kementrian Sosial,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, sesuai dengan data yang diterima dari Kemensos RI bahwa KPM-PKH di kabupaten Bolmut yang akan menerima Bansos Beras Berjumblah 3.106 KPM yang terdiri dari Kecamatan Sangkub 436 KPM, Kecamatan Bintauna 591 KPM, Kecamatan Bolangitang timur 696 KPM, Kecamatan Bolangitang Barat 625 KPM, Kecamatan Kaidipang 399 KPN dan Kecamatan Pinogaluman 359.

Baca Juga:   SMK N 1 Kaidipang Galang Dana Untuk Korban Banjir

“Jika per KPM menerima 15 Kg selama 3 bulan maka total jumlah bantuan sosial beras di kabupaten Bolmut yang disalurkan sebanyak 139.770 Kg atau 139,77 Ton,” tambahnya.

“Penyaluran akan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu, tahap I untuk alokasi Bulan Agustus dan September yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2020 dan tahap II untuk alokasi Bulan Oktober dan ini akan menunggu jadwal selanjutnya,” pungkasnya.

Basir

Related Articles

Close