Tim PSC 119 dan PMI Bolmut Layani Pasien di Kota Manado

SATUBMR.BOLMIT- Public Safety Center (PSC) 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Layanan ini dibentuk tahun 2020 oleh Pemkab Bolmut dalam hal ini Dinas Kesehatan, untuk membantu penanganan kegawatdaruratan pada masyarakat.

Seperti kita ketahui, belum lama ini Kota Manado dilanda benca alam, seperti tanah longsor, banjir dan gempa bumi. Dari peristiwa ini banyak warga di Kota Manado yang menjadi korban, selain kehilangan harta benda, ada juga yang sedang dirawat dalam keadaan sakit, bahkan ada juga yang meninggal dunia akibat dari bencana ini.Tentunya pasca benca ini, banyak masyarakat yang terkena musibah ini sangat membutuhkan layanan kesehatan dari pihak berwajib. 

Turut prihatin dengan persitiwa tersebut, pasca bencana ini, Tim dari PSC 119 Dinkes Bolmut dan PMI mengambil langkah dan langsung menuju ke Kota Manado pada tanggal 25 Januari 2021, untuk memberi bantuan pelayanan kesehatan pada masyarakat di daerah korban yang terkena musibah pasca bencana banjir dan longsor.

Baca Juga:   Lasena: Pemenuhan Air Bersih Hal Mendasar

Tim ini dipimpin langsung Oleh Kepala Dinas Kesehatan Bolmut Jusnan C Mokoginta, dengan Jumlah Personil 17 orang, Kepala Bidang pelayanan Kesehatan, Kasie Yankes, Kasie Farmalkes, Tim medis 2 orang, Perawat 5 orang, Asisten Apoteker 3 Orang, Driver 3 orang, tenaga Admin 1 orang dan Armada 3 unit.

Dan setibahnya di Kota Manado, Tim PSC 119 Dinkes Bolmut dan PMI diterimah langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado melalui Kepala Bidang Yankes Dokter Joy. Dan tidak lama kemudian langsung menuju ke Kelurahan Mahau Tuminting yang menjadi salah satu Lokus pelayanan.

Kepala Dinkes Bolmut Jusnan C. Mokoginta menerangkan, kegiatan pelayanan ini dimulai pukul 09.42 WITA dan berlangsung smpai pukul 12.45 Wita. Dari pantauan Tim pada saat pelayanan, paling banyak yang berobat yaitu balita dan lansia.

Baca Juga:   Bupati Bolmut Lantik Camat Pinogaluman

“Dengan jumlah pasien yang kami layani sebanyak 55 Pasien, anak anak ada 18 orang dan dewasa ada 35 orang,” kata Jusnan.

Dan adapun keluhan masyarakat saat di diagnosa oleh Dokter, yakni Dermatitis 21 orang, ISPA 14 orang, Mialgia 7 orang, Hipertensi 6 orang, Diare 4 orang dan Cepalgia 3 orang.

Jusnan menambahkan, selanjutnya tibah pukul 13.00 Wita, Tim beristrahat dan persiapan menuju Dinas Kesehatan Provinsi untuk berkoordinasi sistem pelayanan selanjutnya akan kembali Kke kabupaten Bolmut pada hari ini juga.

“Salam sehat, salam kemanusiaan, PSC 119 dan PMI Bolmut selalu melayani dengan ikhlas, profesional, cepat, tepat integritas dan tanggungjawab,” tukas Jusnan.

Basir

Related Articles

Close