Tahun ini Pemkab Bolmut Dapat Alokasi 1.396 Ton Pupuk Bersubsidi

SATUBMR.BOLMUT- Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melalui Dinas Pertanian mendapat alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 1.396 ton dari Provinsi.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian Bolmut Sutrisno Goma kepada satubmr.com di ruang kerjanya, Rabu 20 Januari 2021. Ia mengatakan, untuk tahun ini stok pupuk bersubsudi di kabupaten Bolmut terdiri dari pupuk Urea ada 919 ton, pupuk NPK 471 ton, ZA 5 ton, dan pupuk Organik 1 ton.

Baca Juga:   Pasien 03 Covid-19 Dirawat di RSUD Bolmut, Jusnan: Peluang Sembuh Sangat Besar

“Untuk mekanisme penyaluran, berdasarkan pada data yang diajukan oleh kelompok tani melalui Rencana Devinitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Sehingga dapat dikatakan bagi petani yang tidak masuk datanya dalam RDKK tidak dapat dilayani pupuk bersubsidi,” kata Kadis.

Berdasarkan hasil rekapitulasi RDKK jumlah petani yang mengajukan pupuk bersubsidi keseluruhanya berjumlah 8.635 orang, sedangkan yang sudah memperoleh kartu tani baru sebanyak 1.668 orang.

Baca Juga:   Anggaran Desa untuk Peningkatan Ekonomi dan Pembangunan di Bolmut

“Tapi untuk sementara, yang belum memiliki kartu tani, dia bisa dilayani, asalkan dia sudah mengajukan RDKK” ungkapnya.

Lanjut Kadis mengatakan, dan setiap pengecer yang memberikan pupuk subsidi kepada petani, harus di cek dulu seusai data di RDKK.

“Kalau memberikan pupuk tanpa sesuai data, itu menyalahi aturan, jadi harus sesuai data RDKK,” pungkasnya

Basir

Related Articles

Close