Soal Pelayanan di RSUD Bolmut, Harus Menjadi Pembelajaran Bagi Semua Pihak

SATUBMR.COM, BOLMUT- Empat hari belakang ini, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) banyak mendapat tudingan dari berbagai pihak soal pelayanan. 

Seharusnya Rumah Sakit (RS) yang begitu megah seperti RSUD yang ada di wilayah Bolmut ini memiliki pelayanan yang maksimal terhadap pasien, apalagi pasien dalam keadaan emergency. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut dr Jusnan C Mokoginta kepada awak media pihaknya mengatakan, pihak RSUD, Puskesmas dan Dinkes telah mendengarkan apa yang telah disampaikan oleh pak Bupati.

“Ternyata awal mula masalah ini adalah mis komunikasi soal rujukan pasien yang dirujuk dari Puskesmas Buko ini sudah dikomunikasikan dengan pihak RSUD, karena belum terjadi kesepakatan sistem rujukan ini, sehingga pasien tersebut belum bisa ditangani. Jadi, pada saat itu Bidan yang mengawal telah mengambil inisiatif untuk membawa pertolongan pertama dirujuk di Puskesmas Bolangitang,” ujar Jusnan

Baca Juga:   Pemkab Rampungkan Perencanaan Pembangunan RSUD Bolmut

Menurutnya, pimpinan RS dan semua pihak, telah terjadi kesimpulan dan kesepakatan telah terjadi mis kominikasi karena tak ada koordinasi yang baik dalam sistem rujukan.

Jusnan menyarankan pasien yang datang di RS itu harus ditangani. RS harus punya respon cepat, apalagi soal keselamatan nyawa pasien.

Baca Juga:   Wabup Bolmut buka Workshop Standar dan Instrumen Akreditasi FKTP Puskesmas

“Saya kira ini menjadi pembelajaran untuk kita semua, baik dari RSUD, Puskesmas dan Dinkes, kami semua telah sepakat untuk pelayanan nyawa pasien yang utama,” tuturnya.

Lanjut Jusnan, semua ditegur keras oleh Bupati, baik dari pihak RSUD, Puskesmas dan Dinkes.

“Tapi dirapat tadi, kami sudah sepakat, semua yang hadir dirapat hari ini punya niatan baik, yaitu untuk pelayanan RS yang lebih baik,” kuncinya.

Basir

Related Articles

Close