Satu PDP di Bolmut, Menunggu Hasil SWAB

SATUBMR.COM, BOLMUT– Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Jusnan Mokoginta melakukan Konferensi Pers kepada sejumlah awak media di Posko Satgas Covid-19, Senin (13/4/2020).

Jusnan menjelaskan, dari hasil laporan Tim surveilans dan satgas Covid-19 Kabupaten Bolmut, tanggal 12 April 2020 Pukul 08:00 berdasarkan penetapan Tim medis RSUD, yakni dr.SpPD dan dr.SpA terdapat satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat di ruang isolasi RSUD Kabupaten Bolmut.

“Pasien tersebut dirawat sejak tanggal 10 April 2020, pukul 22:00 Wita, dan saat itu berstatus Orang dalam pengawasan (ODP) sebelum dinaikan status berdasarkan hasil observasi,” kata Jusnan

Baca Juga:   Rapid Tes Gratis, Tidak Dipungut Biaya

Jusnan pun mengatakan, pasien yang berjenis kelamin laki-laki, Kecamatan Bintauna yang melakukan riwayat perjalanan, Magetan, Surabaya, Manado, Bolmut pada tanggal 10 April 2020 berdasarkan skrining awal. 

“Pasien tersebut, 37.6 derajat celsius dan batuk, setelah dilaksanakan rapid pertama hasilnya negatif, dan pasien tersebut oleh dokter sebagai Tim Medis RSUD dimasukan dalam kategori ODP,” ucapnya

Lanjut Kadis pertanggal 12 April 2020 jam 13:00 hasil diagnosa dan keputusan dari ketua Tim RSUD Kabupaten Bolmut yakni dr. SpPD dan SPA bahwa pasien dari pemantauan Tim Medis selama dua hari di RSUD, pasien tersebut dinaikan status dari ODP menjadi PDP, berdasarkan hasil observasi.

Baca Juga:   Pasien 03 Covid-19 Dirawat di RSUD Bolmut, Jusnan: Peluang Sembuh Sangat Besar

“Dengan kriteria, pasien sejak dari (12/4) dengan suhu badan 38.8 deraja celsius, batuk 4 hari sejak dari pesantren, pilek, dan memiliki riwayat transmisi lokal. Dan pasien sudah di isolasi sambil menunggu hasil swab,” tutur Mokoginta.

Ia pun menambahkan, Saat ini kondisi pasien dalam keadaan baik, namun pasien memenuhi definisi untuk kriteria PDP. Tim medis RSUD sedang berupaya dalam rangka pengambilan Spesimen untuk pemeriksaan SWAB agar dapat diketahui hasilnya.

“Malam ini pihak RSUD Bolmut akan berangkat ke Manado untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait pasien yang PDP. Kita berharap pasien tetap sehat dan kembali beraktivitas seperti biasa,” harapnya.

Basir

Related Articles

Close