Prosesi Adat Mopohabaru di Kediaman Bupati Bolmut

SATUBMR,BOLMUT – Ada kebiasaan unik yang dilaksanakan oleh warga Bolaang Mongondow Utara, saat jelang bulan suci Ramadan. Kebiasaan ini dikemas dalam prosesi adat yang ditujukan kepada pemimpin atau kepala daerah.

Prosesi adat ini adalah Mopohabaru dalam bahasa suku Bolangitang (Bolangita) yang artinya ‘mengabarkan’ datangnya bulan suci Ramadan.

Mopohabaru dilaksanakan di kediaman Bupati Bolaang Mongondow Utara, Drs Depri Pontoh, di Desa Bolangitang I, Kecamatan Bolangitang Barat, Jumat 3 Mei 2019. Prosesi ini dilakukan oleh Aliansi Lembaga Adat setempat.

Bupati Bolmut (Ki Doni Pangulu) dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat Kabupaten Bolmut yang telah menyampaikan kabar terkait dengan datangnya Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah.

Baca Juga:   Kapolres: Saya Yakin Depri Mampu Sejahterakan Masyarakatnya

“Terkait dengan penetapan 1 Ramadan 1440 H, tetap akan menunggu pengumuman resmi Kementerian Agama RI. Karena itu, pada Minggu 5 Mei 2019 malam masyarakat diimbau berkumpul di Masjid masing-masing untuk mendengarkan hasil sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama RI,” tukas Depri.

Dia juga mengajak di Bulan Suci Ramadan ini untuk memakmurkan Masjid dengan berbagai kegiatan syiar agama.

Baca Juga:   Bupati Bolmut Lantik Camat Pinogaluman

Dikatakan, seperti di Tahun-Tahun sebelumnya Pemerintah Daerah akan mengadakan Tadarus Al Quran yang dilaksanakan di rumah kediaman bupati, wakil bupati dan sekretaris daerah. Demikian pula di tingkat Kecamatan dan Desa. Selain itu, akan dilaksanakan Safari Ramadan di enam Kecamatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Sekretaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat serta Sangadi, Tokoh Agama, Adat dan masyarakat.

Reporter: Basir Ilyas

Related Articles

Close