Kepada BNPP dan Kementrian PUPR RI, Sekda Bolmut Sampaikan Keluhan Masyarakat

SATUBMR.BOLMUT- Melihat Kondisi perbatasan Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang saat ini mengalami darurat abrasi pantai di Desa Buko, Buko Utara dan Tobulang Pantai, Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Drs Asripan Nani, M. Si mempresentasikan wilayah tersebut harus menjadi Lokasi Prioritas (Lokpri) Nasional.

Di hadapan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) di Jakarta, Sekda menyampikan bahwa kondisi abrasi pantai sangat mendesak untuk segera ditangani pembuatan tanggul penahan ombak.

Baca Juga:   Depri: Saya Minta Seluruh Aset Kembalikan Hari Ini!

“Ini harus segera ditangani dengan pembuatan tanggul penahan ombak, sebab ini sangat menghawatirkan terhadap penduduk setempat yang terdampak,” kata Sekda, Senin 15 Februari 2021.

Tidak hanya soal abrasi pantai, Sekda juga menyampaikan bagaimana soal kondisi daerah aliran sungai (DAS), sungai andagile yang berada di perbatasan Gorontalo Utara dan Bolmut, serta kondisi Kesehatan Pendidikan dan Pasar Rakyat Pinogaluman menjadi bagian yang dipersentasikan untuk mendapat perhatian dari Kementerian terkait. 

Baca Juga:   Kelompok Tani Bolmut Manfaatkan KUR dari BNI

Lanjut Sekda memaparkan bagaimana kondisi bencana dan upaya penangguangannya di beberapa wilayah, di antaranya, pembangunan tanggul, penahan abrasi sungai di Kecamatan Sangkub, Bintauna dan Kecamatan Bolangitang Timur, Bolangitang Barat, serta Pembangunan jembatan Goyo. 

“Ini sebagai satu-satunya akses jalan masyarakat setempat yang juga menjadi sentra pertanian di Kecamatan Bolangitang Barat,” ujarnya.

Sebagai respon terhadap kondisi darurat bencana yang terjadi, Deputi BNPP dan Kementerian terkait dalam waktu dekat ini akan mengunjungi Bolmut.

Basir

Related Articles

Close