Ini Pejelasan Depri Pontoh Terkait Warga Bolmut yang Tertahan di Ternate

SATUBMR.BOLMUT- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs.Hi Depri Pontoh menggelar konferensi pers di Ruang kerja Bupati, Senin (11/5/2020).

Dalam konferensi pers, bupati mengatakan, terkait pemulangan warga Bolmut yang ada di pelabugan Tarnate, Kamis kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) datang kordinasi berkonsultasi.

Konsultasi tersebut meminta bagaimna warga Bolmut yang ada di Ternate bisa kembali di daerah dengan suasana kondisi Covid seperti ini.

“Jadi Tidak seperti yang media sosial sampaikan bahwa Bupati dan Wakil Bupati tidak perduli dengan warga Bolmut yang ada di Tarnate. Kamis kemarin teman-teman DPR datang berkonsultasi dengan saya, saya selaku pimpinan daerah mencari solusi, dengan masukan-masukan teman-teman DPR, dan Wakil Bupati memikirkan bagaimana saudara-saudara kita itu bisa pulang,” jelas bupati.

Baca Juga:   Dinas PMD Bolmut Imbau Kepala Desa Anggarkan Pencegahan Covid-19

Bupati juga menjelaskan, telah bicara dengab beberapa Kepala Daerah, dan beberapa Wali Kota, termasuk Wali Kota Bitung, karena pelabuhan Fery itu ada Bitung. Setelah terkomunikasi dengan baik, Wali Kota Bitung menyampaikan masyarakat yang ada di Tarnate bisa pulang ke Bolmut.

“Saya berterimakasih kepada Wali Kota, mereka datang itu jangan diisolasi di Kota Bitung, tetapi prosedur kesehatan Covid-19 dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, dan mereka akan kita jemput langsung dan akan diisolasi di Bolmut,” jelasnya.

Lanjut Bupati, apa yang kita harapkan tidak seperti itu. Teman-teman di DPR menelpon meminta bagaimana solusinya. Ternyata sampai dengan hari ini Bandara dengan Pelabuhan itu ditutup.

Baca Juga:   FPPBP 2019 Sukses Digelar

“Jadi bukan tidak bisa memeluangkan warga kita yang ada di Tarnate, tapi memang belum bisa karena pelabuhan masi ditutup. Saya sudah suruh cari tiket kapal, sudah suruh cari tiket pesawat tapi tidak ada,” ungakapnya.

Bupati juga menambahkan, sudah berusaha, kalau tidak bisa masuk di Manado kapal Fery, kalau tidak bisa masuk di Bitung, langsung saja di Pelabuhan Bolmut di Desa Tuntung.

“Mereka tidak dibiarkan, semua sudah berusaha, dan tadi juga Wakil Bupati sudah berkomunikasi dengan pak Gubernur, dan Gubernur sudah berusaha agar bagaimama mereka bisa pulang. Jadi ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah, ini juga sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi,” kuncinya.

Basir

Related Articles

Close