Antisipasi Rabies, Dinas Pertanian Bidang Peternakan Lakukan Vaksin

SATUBMR.BOLMUT- Guna mengantisipasi rabies dari gigitan anjing gila, Dinas Pertanian kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Bidang Peternakan melakukan vaksin bagi hewan peliharaan.

Hal ini disampaikan kepala Bidang Peternakan Bolmut Sarifudin Talibo kepada media ini, Sabtu (24/10).

Dikatakannya upaya ini sebagai pencegahan penularan rabies, karena beberapa puskesmas wilaya sudah banyak memerimah laporan dari masyrakat terjangkit rabies.

“Dan ini sudah ditindaki, tapi sebelum menerimah laporan dari puskesmas tersebut, kami sebelumnya suda melakukan vaksin. Jadi antisipasi untuk mencegah penularan rabies, kami dari Bidang peternakan melakukan vaksin, untuk pencegahan penularan,” ujar Fudin.

Lanjut Fudin, kegiatan ini berlangsung di enam kecamatan kabupaten Bolmut, ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian hari rabies sedunia (World Rabies Day). Dan Bolmut untuk tahun 2020 ini, target yang diberikan 1.600 dosis dari populasi anjing berdasarkan data -/+ 3.000 ekor. 

“Langkah ini juga sebagai antisipasi pencegahan penularan pada manusia. Karena virus rabies ini bersifat zoonosis (menular pada manusia),” ungkap Fudin

Basir

Related Articles

Close