Topang Ketahanan Pangan, Bupati Bolmong Tanam Jagung Manis 

SATUBMR,BOLMONG- Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow pimpin penanaman jagung di Kompleks perkantoran Dinas Pertanian.

Langkah tersebut untuk mendukung ketersediaan pangan untuk menopang kebutuhan pokok masyarakat selama menghadapi pandemi Covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan saat rapat refocusing, sudah dibahas terkait penganggaran pengadaan bibit pertanian dan perikanan. Bolmong adalah daerah yang subur olehnya Pemerintah mendoroang masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur. Tujuannya agar orang desa sehat kuat dalam menghadapi Wabah Corona.

Baca Juga:   Pemkab Bolmong Lantik 154 Pejabat, Yasti: Selamat Bertugas

Lanjut Bupati, ada sekitar 300 sachet bibit jagung manis ditahap pertama yang sudah dibagikan kepada masyarakat. Dari 300 sachet ini jika berhasil maka akan menghasilkan 900.000 jagung manis di 30 titik yang tersebar di 15 Kecamatan.

Untuk tapap pertama ini, ketersediaan bibit jagung manis berjumlah 300 sachet. Jumlah 300 sachet itu asumsinya mencapai 900.000 jagung manis yang akan dihasilkan di 30 titik lokasi tanam tersebar.

“Selain bibit, pemerintah juga menyiapkan pupuk agar tanaman bisa tumbuh dengan baik,” terangnya.

Baca Juga:   Bupati Yasti Lantik 105 Sangadi Terpilih di Bolmong

Selain itu, pemerintah juga menyiapkan bantuan benih padi 211. 850 kilogram dan bantuan pupuk organik cair (POC) 22.208 liter bantuan pupuk urea 700.000 kg pupuk npk 525.0) kilogram.

Dinas Ketahanan Pangan menyiapkan bantuan beras cadangan pangan daerah dan pengadaan bibit sayur dan buah senilai 1.5 miliar.

Sedangkan di Dinas Perikanan untuk 8 kelompok pembudidayaan ikan berupa benih ikan nila 200. Ribu ekor serta pakan ternak 4000 kilogram.

Jhayyambat

Related Articles

Close