Bolmong

Tempat Wisata Baru di Bolmong yang Wajib Anda Kunjungi

SATUBMR,WISATA – Libur panjang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, tentu tak disia-siakan oleh warga untuk berwisata. Lantas, di mana tempat wisata yang perlu anda kunjungi di Bolaang Mongondow?

  • Rumah Adat dan Air Terjun Mengkang

Lokasinya berada di Desa Mengkang, Kecamatan Lolayan, Bolaang Mongondow. Sekitar 30 KM dari Pusat Kota Kotamobagu atau bisa ditempuh 45 menit perjalanan roda dua dan roda empat.

Di Desa ini terdapat rumah adat Mongondow. Anda akan menemui jenis-jenis alat tradisional zaman dahulu yang digunakan oleh nenek moyang suku asli Mongondow.

Anda juga bisa ber-swafoto di Patung Bogani Kinoluodan. Patung ini didirikan untuk mengenang para Bogani yang hidup di dataran Lolayan pada zaman dahulu.

Di desa ini, juga terdapat Air Terjun Mengkang. Anda yang biasa lakukan adventure, Air terjun Mengkang bisa anda coba. Lokasinya sekitar 2 KM dari desa ini dengan menyusuri hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone selama 5 jam. Dalam perjalanan, anda bisa menyaksikan atraksi monyet di pepohonan. Lokasi air terjun terbilang masih alami.

Air Terjun Mengkang. Foto Frank
  • Air Terjun Motondong Desa Lolan 2

Lolan terkenal dengan keindahan pantainya. Namun, ternyata di desa ini terdapat tempat wisata eksotis dan terbilang masih baru. Lokasi cukup ditempuh sekitar 15 menit dari pemukiman penduduk. Lokasi Air terjun Motondong ini dikelola oleh warga setempat sebagai destinasi wisata Bolmong.

Dihari libur biasa, warga BMR sering menjadikan tempat ini sebagai pemandian dan mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal. Dari Kotamobagu bisa ditempuh 1 jam, sedangkan dari Kota Manado, sekitar 3 jam perjalanan darat.

  • Pantau Beau Desa Sauk
Lokasi Pantai Beau Desa Sauk. Foto Wandi Tungkagi

Bagi anda yang suka dengan pantai, bisa coba yang satu ini. Lokasinya berada di Desa Sauk, Lolak, Bolmong. Ditempuh 1,5 jam dari Kotamobagu. Pantai Beau memiliki pantai memanjang dengan pasir putih.

Pantai ini cocok bagi komunitas atau keluarga yang ingin menikmati keindahan pantai yang sepi. Pantai Beau mulai dikunjungi oleh wisatawan. Di pantai ini, terdapat penyu laut, namun hanya yang beruntung saja yang bisa melihat penyu ini. Pantai Beau juga memiliki struktur bebatuan dengan relief unik, tentu bisa dijadikan sebagai spot menarik bagi para fotografer.

  • Maelang Island
Maelang Island, Sungguh indah. Foto Ist-+

Pulau Tiga Maelang. Pulau ini memiliki pasir putih. Meski namanya sudah terkenal sejak dahulu, namun masih banyak wisatawan yang belum berkunjung ke pulau ini. Lokasinya berada di Desa Maelang, 200 KM dari Manado.

Anda bisa menyewa perahu milik warga menuju pulau ini dari lokasi pantai Pasir Putih.

  • Negeri Di Atas Awan Lolayan
Negeri di atas awan. Foto Istimewa

Lokasinya berada di Desa Lolayan, Bolmong atau 20 menit perjalanan darat dari Kotamobagu. Negeri di atas awan memang belum menjadi lokasi yang dijadikan rujukan tempat wisata, apalagi untuk melihat awan, anda harus datang pagi-pagi sebelum matahari terbit.

Jika beruntung, anda akan melihat awan menutupi dataran Lolayan-Kotamobagu. Negeri di atas awan harus menyusuri perkebunan warga.

Tim

Tags
Show More

Related Articles

Close