dr Erman: Jangan Ditolak, Mayat Pasien Covid-19 Tidak Menyebarkan Virus

SATUBMR,BOLMONG– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Kepala Dinas Kesehatan, dr Erman Paputungan, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan penolakan terhadap mayat Pasien Covid-19.

Menurutnya mayat Pasien Covid-19 sebelum dibawa ke penguburan, sudah melalui proses sterilisasi antara lain disemprot dengan cairan disinfektan, dibungkus dengan plastik kedap air, jadi bisa dipastikan tidak ada virus yang bisa keluar dari bungkusan tersebut.

Baca Juga:   PDP Mopuya Positif Corona? RSUD KK Bilang Sudah, Dinkes Bolmong Bilang Belum

“Sebelum dibungkus sudah disemprot dengan cairan disinfektan. setelah dibungkus disemprot lagi, dan virus juga akan mati,” terang dr Erman Paputungan, Sabtu (11/4/2020).

Yang perlu masyarakat lakukan untuk berjaga-jaga, saat pemakaman agar menjaga jarak dengan mayat karena sudah ada petugas yang akan memakamkan mayat tersebut dan sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri.

Baca Juga:   Meski Cuacan Panas, Dinkes Bolmong Tetap Lakukan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

“Tidak perlu khawatir, karena penanganan mayat oleh rumah sakit sudah sesuai prosedur dan bisa dipastikan aman,” terang Kadis.

Intinya jangan di tolak dan jangan dikucilkan, jangan membangun stigma yang tidak baik dimasyarakat karena keluarga sudah mendapat musibah kemudian juga mendapat penolakan.

Yambat

Related Articles

Close