Abdullah Optimis Jika Mengacu Pada RKPDes

SATUBMR,BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tidak henti-hentinya menghimbau kepada aparat desa sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat desa terus melakukan inovasi serta kreatif. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolmut Fadly Usup. “Jangan hanya menunggu perintah, tapi harus mampu membaca tantangan dan peluang-peluang yang akan terjadi,” ujar Fadly.

Dijelaskannya pula, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang telah dibuat dan dibahas beberapa waktu lalu harus dijadikan acuan dalam menjalankan program pembangunan di masing-masing desa. Selain itu pula, aparat desa juga harus proaktif dalam mendorong masyarakat untuk lebih meningkatkan partisipasinya didalam penyelenggaraan pemerintahan, dan merubah pola fikir, agar pembangunan desa dapat tercapai sesuai rencana. “Kualitas dan kuantitas kinerja perangkat desa sangat menentukan arah pembangunan di desa. Karena, semua pogram di desa harus selaras dengan kebijakan pemerintah di tingkat kabupaten, agar tidak ada tumpang tindih,” pungkas Fadly.

Baca Juga:   50 Desa di Bolmut Akan Laksanakan Pilkades Serentak 2020

Disisi lain wakil ketua Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut Salim bin Abdullah, menuturkan pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat jika para aparat desa bekerja semaksimal mungkin. “Sehingga itu dengan adanya kreatifitas dan keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat sangat dibutuhkan dan dimiliki oleh para aparat desa,” tutur Abdullah.

Baca Juga:   Tatong Bara: Ini Kemenangan Rakyat Kotamobagu

Abdullah pun optimis dengan adanya acuan seperti yang telah dituangkan dalam RKPDes, nantinya pembangunan akan terukur. “Semua berawal dari proses perencanaan yang matang, dan kita bisa lihat saat ini sejumlah pembangunan yang dilaksanakan di desa merupakan hasil implementasi dari RKPDes itu sendiri,” kuncinya.

TIM

Close