Manado

Sartika Sasmi Ticoalu Resmi Dilantik sebagai Direktur LBH Pers Manado

×

Sartika Sasmi Ticoalu Resmi Dilantik sebagai Direktur LBH Pers Manado

Sebarkan artikel ini
Bersama Jurnalis AJI Manado, Direktur LBH PERS Manado resmi dilantik di Kantor Tribun Manado, Sabtu 24 Agustus 2024.

Manado, satubmr.com – Sartika Sasmi Ticoalu, SH.MH, resmi dilantik sebagai Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pers (LBH Pers) Manado untuk periode 2024-2027. Pengukuhan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) dilakukan oleh Ketua AJI Manado, Fransiskus Marcelino Talokon, pada Sabtu (24/8).

Dalam acara tersebut, Fransiskus Marcelino Talokon menggarisbawahi pentingnya perlindungan hukum bagi jurnalis yang sering kali menghadapi risiko tinggi dalam pekerjaannya.

“Pekerjaan jurnalis sangat rentan, sehingga memerlukan perlindungan dari berbagai sisi, termasuk perlindungan hukum,” ungkap Fransiskus.

Ia menambahkan bahwa LBH Pers memiliki peran ganda, yaitu memberikan bantuan hukum dan juga pendidikan serta pelatihan hukum pers.

Fransiskus juga menyinggung permasalahan kekerasan terhadap jurnalis. Salah satu contohnya adalah kasus tabrak lari yang menimpa jurnalis Tribun Manado, Riyo M Noor, yang hingga kini pelakunya belum tertangkap.

“Ini menjadi pekerjaan rumah mengenai keselamatan jurnalis,” tegas Fransiskus.

Sartika Sasmi Ticoalu, dalam kesempatan yang sama, menyampaikan harapannya untuk adanya sinergi yang baik ke depan.

“Saya berharap sinergi yang tercipta akan menjadikan pers benar-benar profesional. Jurnalis harus mematuhi kode etik untuk memastikan bantuan hukum yang diberikan tidak sia-sia,” ujar Sartika.

Acara pelantikan ini juga diisi dengan pelatihan Keselamatan Jurnalis yang menghadirkan pemateri dari AJI Indonesia dan LBH Pers, termasuk Miftah Faridl, Chikita Edrini Marpaung, Rhendi Umar, dan Indri Panigoro, yang memberikan wawasan penting mengenai keselamatan dan perlindungan jurnalis di lapangan. irz