Manado

KPU Sulut Gelar Pelatihan Jurnalistik Bersama AMSI untuk Tingkatkan Kapasitas Pengelola Sistem Informasi

×

KPU Sulut Gelar Pelatihan Jurnalistik Bersama AMSI untuk Tingkatkan Kapasitas Pengelola Sistem Informasi

Sebarkan artikel ini
KPU Sulut Gelar Pelatihan Jurnalistik Bersama AMSI untuk Tingkatkan Kapasitas Pengelola Sistem Informasi di Hotel Novotel Manado pada Jumat, 23 Agustus 2024. (Dok: KPU Sulut)

Manado, satubmr.com – Dalam rangka mempersiapkan Pilkada Serentak 2024, KPU Provinsi Sulawesi Utara menggandeng Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulut untuk mengadakan pelatihan jurnalistik yang berlangsung di Hotel Novotel Manado pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Pelatihan ini diikuti oleh puluhan pengelola sistem informasi dari KPU kabupaten/kota, khususnya divisi terkait.

Ketua KPU Sulut, Kenly Poluan, bersama Anggota KPU Sulut Meidy Tinangon, Salman Saelangi, Awaluddin Umbola, dan Plt Sekretaris Meidy Malonda membuka kegiatan tersebut. Kenly Poluan menyatakan,

“Program edukatif ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam penyusunan berita, pengelolaan media sosial, serta penyajian informasi mengenai Pilkada di lingkungan KPU.”

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Awaluddin Umbola, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mendorong penyebaran informasi kepemiluan yang lebih maksimal.

“Harapannya, pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat, khususnya dalam hal penyajian informasi terkait Pilkada 2024 secara akurat dan terukur,” ungkapnya.

Pelatihan ini menghadirkan sejumlah narasumber berpengalaman, antara lain Yoseph Ikanubun yang membawakan materi Hukum Pers, Ketua AMSI Sulut Ady Putong dengan materi Teknik Wawancara, Supardi Bado tentang Teknik Pengambilan Video Mendukung Sajian Informasi, dan Agust Hari mengenai Teknik Menulis Rilis Berita.

Selain teori, peserta juga mengikuti simulasi peliputan dan penulisan berita yang dipandu oleh Ketua Bidang Organisasi AMSI Sulut, Asrar Jusuf. Trainer jebolan Google Indonesia, Findamorina Muhtar dan Ronny Adolof Buol, turut menyampaikan materi mengenai Pengenalan Jurnalisme Data, Penggunaan Aplikasi untuk Visualisasi, serta Pengenalan Cek Fakta dan Tools untuk Mereduksi Mis dan Disinformasi.

Awaluddin Umbola berharap pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan peserta dalam menampilkan pemberitaan yang berkaitan dengan sosialisasi Pilkada. irz