Bolsel

Buka Festival Pangan Lokal 2024, Bupati Iskandar dan Wabup Deddy Cicipi Aneka Sajian Khas Daerah

×

Buka Festival Pangan Lokal 2024, Bupati Iskandar dan Wabup Deddy Cicipi Aneka Sajian Khas Daerah

Sebarkan artikel ini

 

SATUBMR,BOLSEL– Usai mengikuti aktivitas Jalan Sehat dalam rangka HUT daerah, Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid lanjut membuka giat Festival Pangan Lokal 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bolsel.

Bupati Iskandar menyambut positif acara ini seraya menyebut bahwa konsumsi pangan yang kurang dapat berdampak tidak baik terhadap kesehatan dan perkembangan tubuh manusia. Karena itu, pemerintah telah mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, sebagaimana diamanatkan oleh Perpres No. 22 tahun 2009, tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

“Melalui festival ini diharapkan dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam, dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah yang banyak terdapat di sekitar kita,” ucapnya di Lapangan Futsal Alun-alun Molibagu, Kecamatan. Bolaang Uki, Selasa (16/7/2024).

Orang nomor satu Bolsel ini juga menambahkan lewat ajang festival pangan lokal dapat memberikan edukasi penganekaragaman konsumsi pangan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan penurunan kasus stunting.

“Penganekaragaman pangan dan konsumsi pangan yang tepat merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan unggul sehingga dapat membantu program pemerintah dalam hal pencegahan dan penurunan stunting,” pungkasnya.

Hadir dalam acara, Kajari Kotamobagu Elwin A. Khahar SH, MH, Ketua TP-PKK Ny. Hj. Selpian Kamaru-Manoppo dan Sekretaris Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, Kapolres Bolsel AKBP Indra Wahyu Madjid SIK dan Ketua Bhayangkari, unsur Forkopimda kabupaten, para Asisten Sekda, para pejabat tinggi pratama Pemkab bersama jajaran ASN.

Sebagai informasi, festival pangan lokal 2024 dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti lomba cipta menu, lomba stand pameran dan sajian pangan lokal.