AdvertorialBolmong

Pemkab Bolmong Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

×

Pemkab Bolmong Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMONG-Penjabat Bupati Bolmong, dr. Jusnan C Mokoginta bertindak sebagai Inspektur upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sabtu (1/6/2024).

Upacara yang digelar di lapangan Kantor Bupati Bolmong itu. Turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Abdullah Mokoginta, Ketua DPRD Welty Komaling, Unsur Forkopimda, para Pimpinan OPD, Camat dan Sangadi, serta seluruh ASN lingkup Pemkab Bolmong.

Dalam kesempatan itu, Jusnan Mokoginta membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini, mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” kata Jusnan.
keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dirinya juga mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara karena terbukti, pancasila mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud mengamalkan nilai Pancasila,” kata Jusnan

Dirinya berharap, di momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini, dapat memompa semangat seluruh komponen masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.
Usai pelaksanaan upacara, Pj Bupati, didampingi Sekda, Ketua DPRD dan para Kepala OPD, turut menyerahkan sejumlah piagam penghargaan dan hadiah uang tunai kepada setiap Desa pemenang lomba monuntul tingkat Kabupaten Bolmong.
(Advertorial)