Bolmut

Pj Bupati Bolmut Minta Perangkat Daerah Fokus Penanggulangan Stunting di Daeeah Lokus

×

Pj Bupati Bolmut Minta Perangkat Daerah Fokus Penanggulangan Stunting di Daeeah Lokus

Sebarkan artikel ini

SATUBMR.BOLMUT- Penjabat Bupati (Pj) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev membuka secara resmi kegiatan Rapat Aksi Konvergensi Stunting Perencanaan Kegiatan Aksi 2 Tingkat Kabupaten, bertempat di ruang rapat Bapelitbang. Rabu (20/03/2024).

Dalam Sambutannya Sirajudin Lasena menyapaikan bahwa pelaksanaan 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting merupakan instrumen dalam bentuk kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan percepatan penurunan stunting terintegrasi oleh lintas sektor tingkat daerah secara sistematis, terintegritas dan berkelanjutan.

“Agar sebentar nanti kiranya perangkat daerah terkait ini tetap fokus dan cermati setiap program kegiatan yang nantinya dijadikan acuan dalam mendukung pengaggaran intervensi penaggulangan stunting di daerah lokus,” ujar Sirajudin.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pencegahan stunting dilakukan melalui intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif. Intervensi gizi spesifik meliputi kecukupan asupan makanan dan gizi, pemberian makanan, perawatan, pola asuh dan pengobatan infekasi penyakit. Sedangkan Intervensi gizi sensitif mencakup peningkatan akses pangan bergizi, peningkatan kesadaran, komitmen dan praktik pengasuhan ibu dan anak.

“Bahwa peran dari masing-masing perangkat daerah yang dilakukan secara terkoordinasi, terpadu dan bersama-sama mensasar kelompok sasaran prioritas di desa lokus,” tutup Pj Bupati.

Ilyas